HEADLINEKalimantan TengahNasional

BNNP Kalteng Sukses Raih Mendali Emas Ajang BNN RI Christmas Choral Competition

PALANGKA RAYA – Prestasi membanggakan berhasil dicapai Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah (BNNP Kalteng).

Tim Paduan Suara BNNP Kalteng berhasil mendapat juara I, kategori paduan suara dewasa dalam kegiatan BNN RI Bali Christmas Choral Competition dengan tema Sing Against Drugs yang digelar di Bali, pada tanggal 24 – 26 November 2022.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) bekerja sama dengan Bandung Choral Society. Kegiatan ini juga sebagai upaya kampanye P4GN dalam War on Drugs melalui pagelaran seni paduan suara yang melibatkan kalangan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia.

Para peserta menampilkan harmonisasi suara nan indah dan megah mengalunkan Mars BNN sebagai bentuk awareness Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dalam War On Drugs melalui Sing Against Drugs.

Usai tampil, hari kedua penyelenggaraan kompetisi paduan suara bertaraf nasional ini dilanjutkan dengan awarding ceremony pemenang pada 4 kategori yang dilombakan serta 2 kategori special award.

Gelaran kompetisi paduan suara bertaraf nasional ini diikuti oleh 335 orang peserta yang salah satunya BNNP Kalteng Choir dengan Conductor Kadek Yeremia Howard Arthur. Paduan Suara yang mewakili BNNP Kalteng ini mempersembahkan lagu Mars BNN dan Deck The Halls berhasil memukau dewan juri dari Filipina, Malaysia serta Indonesia dan meraih Medali Emas dengan score akhir 88,83.

Pagelaran Bali Christmas Choral Competition memperebutkan total hadiah sebesar Rp 57 juta, terdiri dari sertifikat, medali, trofi, dan uang pembinaan dari Kepala BNN RI Komjen Pol Dr. Petrus Reinhard Golose.

Medali emas pada kategori anak diraih oleh Voice of Bali Children, kategori remaja diraih oleh Paduan Suara SMP Negeri 10 Denpasar, kategori dewasa diraih oleh BNN Provinsi Kalimantan Tengah Choir, dan kategori terbuka diraih oleh Voice of Bali.

Sementara itu, special award, Most Promising Children’s Choir diberikan kepada Voice Of Bali Children Choir dan Jury Award of Conductor diberikan kepada Anastasia Noory dari Denpasar, Bali.

Peraih medali emas pada masing-masing kategori bersaing untuk memperebutkan Grand Prix dengan hadiah berupa sertifikat, trofi, dan uang pembinaan senilai Rp 20 juta yang akan diumumkan pada closing ceremony BCCC Sabtu (26/11), oleh Kepala BNN RI. BNNP Kalteng Choir tampil pada Grand Prix dengan membawakan lagu Deck The Halls dan Jingle Bells.

Rangga Aristo Kulas, salah satu juri pada BCCC mengatakan, setidaknya ada empat kriteria dasar yang menjadi bahan penilaian dalam kompetisi ini. Mulai dari ketepatan nada, kualitas suara, ketepatan menyanyi dengan partitur, dan penampilan secara keseluruhan.

Sebagai juri dan seniman, Aristo memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BNN RI yang telah memberikan wadah bagi paduan suara di Indonesia untuk berkompetisi menunjukkan talenta terbaiknya dan berpartisipasi dalam P4GN mewujudkan Indonesia Bersinar.

Hadir secara langsung menerima Piala Juara I, Kepala BNNP Kalteng, Brigjen Pol. Drs. Sumirat Dwiyanto, M.Si. didampingi Ketua DWP BNNP Kalteng bersama BNNP Kalteng Choir di GBI Rock Kuta-Bali.

Dalam kesempatan ini Kepala BNNP Kalteng mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh BNNP Kalteng Choir.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Tim Paduan Suara yang telah mengharumkan nama BNNP Kalteng, dengan meraih Juara I Paduan Suara Kategori Dewasa. Prestasi ini merupakan kebanggaan bagi kita semua, semoga dapat memberikan motivasi bagi generasi muda Kalteng untuk mengikuti berbagai kompetisi baik itu di daerah maupun skala nasional dan juga menciptakan prestasi yang membanggakan dengan menggelorakan war on Drugs” ungkapnya. (hms/bud)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!