KapuasSlider

Kadis PU Wafat Dalam Melaksanakan Tugas

Kepala Dinas PUPRKP Kabupaten Kapuas Ir Simpun Jaya MT
Kuala Kapuas,GK – Seluruh Jajaran Pemerintah Kabupaten Kapuas berduka, pasalnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRKP) Kabupaten Kapuas Ir Simpun Jaya MT meninggal dunia, Senin (7/8) sekitar pukul 17.10 WIB di RSUD Kapuas.
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni Ben Bahat pun turut merasakan duka yang mendalam sehingga sekitar pukul 19.00 WIB masih berada di RSUD DR H Soemarsono Sosroadmojo Kuala Kapuas sampai Almarhum Simpun Jaya siap untuk dibawa ke Rumah Duka jalan Patih Rumbih Gg.IV Kuala Kapuas.
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Isteri Ny Ary Egahni Ben Bahat,SH beserta para pejabat lainnya serta keluarga dan handaitaulan turut hadir pada saat mengikuti ibadah kedukaan hari pertama dimana Pdt Yurika sebagai pembawa Firman Tuhan dalam ibadah tersebut.
Dalam kesempatan itu, Bupati Kapuas atas nama pribadi dan keluarga serta atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas menyampaikan turut berduka cita yang dalam atas meninggalnya rekan sekerja Ir Simpun Jaya MT dengan harapan semoga seluruh keluarga duka diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi musibah yang dialami tersebut.
Dikesempatan itu juga Bupati menyampaikan kronologis singkat musibah yang dialami oleh Kepala Dinas PU Kabupaten Kapuas, yang pada hari itu Almarhum bersama rombongan para Kepala SOPD Kabupaten Kapuas mengikuti kegiatan dinas dalam rangka mendampingi Bupati Kapuas berturut-turut dalam hari yang sama yaitu yang pertama kegiatan di Basarang dalam pembukaan Jambore Kader PKK dari jam 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB. Kemudian, dilanjutkan dengan Peresmian Pura Banjar Warna Sari di Desa Sari Makmur Lamunti C3 dan dilanjutkan dengan meninjau beberapa rumah ibadah lainnya di C.IV di desa yang sama.
Ben menuturkan sekitar pukul 15.00 WIB setelah acara selesai semua rombongan pulang menuju Kapuas. dengan posisi kendaraan/mobil saling beriring-iringan, sedangkan mobil  Bupati dalam perjalanan tersebut berada pada posisi paling depan tanpa pengawal atau Patwal.
Tepat kurang lebih Pukul 16.30 Wib ketika posisi beliau sudah di Palingkau, ia di hubungi oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Kapuas yang memberitahukan bahwa ada kecelakaan menimpa mobil Kepala Dinas PU Kabupaten Kapuas.
Kejadian itu menurut laporan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik bahwa mobil iring-iringan terakhir yang terdiri dari empat buah mobil termasuk mobil Dinas Almarhum hampir mendekati jalan lintas Dadahup, kurang lebih satu kilometer mobil almarhum yang ditumpangi tiga orang termasuk sopir Saidi dan Kepala Dinas Sosial Drs Jaya Msc slip dan terguling masuk kedalam sungai tepatnya di Desa Talekung Punei kawasan perkebunan sawi PT. Lipere Agro Kapuas ( LAK ).
Akibat dari kecelakaan tersebut Kepala Dinas PU yang saat itu duduk di kursi depan serta Kepala Dinas Sosial di kursi belakang  terjebak tidak bisa keluar dari dalam mobil yang terkunci, sedangkan air penuh didalam mobil sehingga dilakukan pemecahan kaca mobil dengan mengunakan konci ban.
Setelah berhasil kaca dipecahkan Kepala Dinas Sosial berhasil dikeluakan dalam keadaan masih sadar, namun naas Kepala Dinas PU yang terikat tali pengaman dalam keadaan lemas karena lebih kurang sepuluh sampai lima belas menit terjebak dalam kabin mobil yang penuh dengan air. 
Setelah mendapat laporan tersebut Ben Brahim langsung menghubungi para medis terdekat untuk memberikan bantuan/pertolongan awal, namun karena mendengar kondisi Bapak Ir Simpun Jaya MT sangat kritis maka beliau memutuskan agar segera langsung dibawa ke RSUD Kapuas.
Sampai di rumah sakit sekitar Pukul 17.00 WIB Almarhum langsung ditangani oleh pada medis secara maksimal dan sekitar Pukul 17.10 WIB Beliau dinyatakan oleh para medis sudah meninggal,” tuturnya.
Ia menyatakan bahwa Kepala Dinas PUPRKP Kabupaten Kapuas Ir Simpun Jaya MT wafat dalam melaksanakan tugas dinas, untuk itu ia meminta kepada Badan Kepegawaian Kabupaten Kapuas agar bagaimana prosesnya untuk kepada almarhum dapat diusulkan kenaikan pangkat anumerta satu tingkat lebih tinggi dari pangkat yang ada.
Diakhir sambutannya kembali dia  menyampaikan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya  Ir Simpun Jaya MT baik atas nama pribadi dan keluarga serta atas nama Pemerintah Kabupaten Kapuas, dan bertekad untuk mengajak semua SOPD untuk tetap meneruskan semangat Beliau dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab di masing-masing SOPD nya,” pungkasnya. (Hmsfgk))

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!