Gunung Mas

Diskominfo SP Gumas Gelar Urgensi Keamanan Informasi

Gunung Mas,GKDinas Komunikasi Dan Informatika Statistik Dan Persandian (Kominfo SP) menggelar kegiatan Urgensi Kesadaran Keamanan Informasi Dan Pemanfaatan Layanan Persandian Bagi Jajaran Pimpinan dan pengelolaan Informasi Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas. Kegiatan ini diselenggaraan di Aula Badan Perencanaan Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BPPPD), Kamis, (7/9/2017).

Asisten Administrasi Umum Setda Gunung Mas Ir. Yohanes Tuah, M.Si menbacakan Sambutan Tertulis Bupati Gununung Mas. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Informasi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan kebutuhan yang mendasar untuk menunjang segala aspek kehidupan kita. Dengan berkembangnya teknologi informasi komunikasi saat ini, masyarakat merasa sangat terbantu karena cepat dapat membuka peluang dalam mengakses, mengelola dan memberdayakan informasi menjadi kurang mendapat perhatian dari para pemilik pengelola informasi, sering kali keamanan informasi dikurangi bahkan dihilangkan karena dianggap tidak terlalu penting dan menggangu kinerja sistem.
Kondisi seperti ini unkapnya yang dapat memicu terjadinya kebocoran informasi sehingga dapat dimanfaatkan serta dipergunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk disalahgunakan, seperti kasus serangan hacer terhadap situs-situs website milik Pemerintah yang berdampak pada kerusakan dan hilangnya data pada server, munculnya berita-berita palsu (HOAX) informasi rahasia yang berakibat fatal bagi stabilitas keamanan Negara/ Pemerintah.
Keamanan informasi menjadi aspek penting mengingat akibat bocornya informasi akan berpengaruh terhadap kinerja birokrasi dan terhadap tingkat keberhasilan pelaksanaan berbagai bidang, baik bidang Politik, Ekonomi, Sosial budaya pertahanan dan keamanan.
Upaya pengamanan informasi tidak hanya sebatas penggunaan teknologi, namun lebih kepada kesadaran yang dimiliki oleh sumber daya manusia. Maka dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tentang teknologi informasi komunikasi serta meningkatkan kesadaran yang lebih terhadap pentingnya pengamanan informasi dan pemanfaatan layanan persandian di Pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, sehingga dapat lebih baik dalam mengelola informasi.
Asisten Administrasi Umum Setda Gunung Mas Ir. Yohanes Tuah, M.Si mengajak semua peserta agar selama mengikuti kegiatan sosialisasi ini benar-benar dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk bertanya, dan berdiskusi dengan Narasumber selam kegiatan berlansung.
“Dan kepada Narasumber agar dapat memberikan informasi serta menjelaskan dengan pembahasan yang sederhana dan mudah demengerti sehingga meteri yang akan disampaikan dapat jelas dan dipahami dengan lebih mendalam,”terangnya.
Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika, Statistik Dan Persandian Gunung Mas Drs. Dihel, M.Si selaku ketua Panitia melaporkan. Peraturan Daerah nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan susunan Perangkat Daerah Kabupaten Gunung Mas. Peraturan Bupati Gunung Mas Nomor 36 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi dan Fungsi serta tata kerja Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Gunung Mas, Nomor 505 tahun 2017 tanggal 31 Agustus 2017 tentang panitia pelaksana kegiatan Sosialisai Urgenisi Kesadaran Keamanan Informasi dan Pemanfaatan Layanan Persandian bagi jajaran Pimpinan Pengelolaan Informasi Daerah.
“Kegiatan dilaksanakan selama 1 (satu) hari yaitu pada kamis tanggal 7 September 2017 dan jumlah peserta sebanyak 100 orang peserta dari seluruh perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas serta ASN Dinas KOMINFO SP. Adapun sebagai Nara sumber berjumlah 2 (dua) orang berasal dari Lembaga Sandi Negara Pusat Ibu Prabaswari, S.ST,MM dan Ibu Lilla Kholila,M.E,” terangnya.(sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!