KatinganSlider

Bupati Warning Para Kades Berharap Katingan Bebas Korupsi

Bupati Sakariyas foto bersama keluarga besar PN Kasongan

Kasongan,GK – Pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) berpotensi menyeret kepala desa maupun pihak terkait lainnya ke meja peradilan. Karena itu, Bupati Katingan Sakariyas memberikan peringatan kepada seluruh pejabatnya agar menjauhi praktik korupsi.

Bupati menegaskan, seluruh kades harus proaktif dalam hal kebijakan dan pengawasan realisasi dana desa. Menurutnya, ADD merupakan program pemerintah pusat guna menunjang pemerataan pembangunan desa. Sebab itu, peruntukannya juga harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.
“KPK mulai membidik penggunaan ADD dan DD, jadi kelasnya sudah masuk ke tingkat desa. Saya berharap di Katingan bebas operasi tangkap tangan (OTT). Sebab, di pemberitaan nasional sudah banyak pejabat yang menjadi contoh,” ungkapnya, belum lama ini.
Sakariyas menuturkan, jelang Pilkades Serentak yang diikuti 14 desa di lima kecamatan se Katingan merupakan masa-masa transisi yang cukup rawan. Oleh sebab itu, jangan buru-buru melakukan pergantian maupun pergeseran perangkat desa.
“Karena pembuatan laporan hasil kegiatan dengan menggunakan dana desa, masih merupakan tanggung jawab perangkat desa yang lama. Jangan sampai terjadi kasus lempar tanggung jawab nantinya,” tegas Sakariyas.
Bupati mengajak, seluruh kades dan perangkat lainnya agar terus berinovasi dalam menciptakan program pembangunan desa. Tepat sasaran serta memiliki manfaat yang menyentuh langsung ke masyarakat.
“Utamakan transparansi dalam setiap pengelolaan dana desa. Demi kelancaran program pembangunan hingga pelaporannya nanti, sehingga meminimalisir kecurigaan masyarakat terhadap pemerintah desa itu sendiri,” ucapnya.
Mantan Wakil Bupati Katingan berjanji, bakal terus memonitor semua permasalahan dan perkembangan yang ada di tingkat desa.
“Semoga ke depan tidak ada masalah dalam pengelolaan dana desa, apalagi sampai membuat kades atau perangkatnya masuk penjara,” pungkasnya. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!