KatinganSlider

Nelayan Pegatan Tangkap Pari Raksasa

Kasongan,GK – Warga Kelurahan Pegatan Hilir Kecamatan Katingan Kuala dihebohkan dengan penemuan ikan pari air asin raksasa, Senin (23/10) kemarin.

Ikan berbentuk datar dengan racun di buntutnya tersebut, diperkirakan mempunyai panjang mencapai 4 meter dan lebar 2,5 meter. Bobotnya diperkirakan seberat 300 kilogram lebih. Pari diketahui berjenis kelamin betina.
Badi (53) warga RT 5 Kelurahan Pegatan Hilir menuturkan, pari air asin ukuran jumbo tersebut pertama kali ditemukan seorang nelayan tradisional setempat. Setelah ikan pari tersangkut ke dalam jaring yang ditebarnya untuk menangkap udang. Kejadian berada di lepas pantai Pegatan.
“Nelayan yang menangkap pari itu namanya Rafi (35). Pari itu sebenarnya tidak sengaja tertangkap, setelah tersangkut dalam trol (jaring ikan, Red),” ungkapnya, Rabu (25/10).
Menyadari ikan pari raksasa tersangkut dalam jaringnya, nelayan tersebut lantas memutuskan untuk membawanya ke rumah. Kehebohan pun terjadi, ratusan masyarakat nampak berjejalan untuk melihat langsung pari raksasa. Tidak sedikit juga yang mengabadikannya melalui kamera ponsel.
“Saat itu warga langsung heboh, karena ukurannya memang sangat besar. Selama hidup, saya baru pertama kali ini melihat ikan pari sebesar itu,” imbuhnya.
Pada saat itu, ujarnya, sejumlah orang dewasa terlihat kesusahan ketika hendak menarik pari ke daratan. Pasalnya, ikan yang dalam kondisi sekarat itu hendak dijual oleh nelayan setempat.
“Sore itu juga ikan pari dibawa ke rumah dan langsung dipotong-potong. Katanya mau dijual ke Sampit. Saya belum tahu juga ukuran dan beratnya berapa, yang jelas sangat besar,” tukasnya.
Kehebohan juga terjadi di dunia maya, setelah seorang netizen mengunggah foto dan video tangkapan pari raksasa tersebut. Praktis, berbagai respon ditunjukkan warganet. Mulai berharap agar pari tersebut segera dilepasliarkan kembali, sehingga kelestariannya dapat terjaga. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *