KatinganSlider

Pilkades Serentak 12 Petahana Tumbang

Kabul Mustiman Kepada Dinas PMD Katingan

Kasongan,GK- Berdasarkan hasil perhitungan suara Pilkades serentak, terdapat dua orang calon petahana yang kembali terpilih. Sedangkan 12 orang sisanya terpaksa pupus harapan, setelah kalah unggul dari sejumlah kandidat baru.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Katingan, Kabul Mustiman menjelaskan, dua orang petahana tersebut yakni atas nama Hero W. Jangkau asal Desa Hapalam Kecamatan Tewang Sangalang Garing dan Kale dari Desa Tumbang Tungku Kecamatan Pulau Malan.
“Dari 14 desa, cuma ada dua petahana yang kembali terpilih, sisanya diisi orang-orang baru. Belum ada keterwakilan perempuan yang terpilih menjadi kades pada pesta demokrasi kali ini,” ungkapnya, Rabu (25/10).
Berdasarkan data, jelasnya, Galinggang Kecamatan Kamipang menjadi desa dengan angka partisipasi pemilih tertinggi dengan 94,58 persen dari 849 daftar pemilih tetap (DPT). Sedangkan partisipasi terendah berada di Desa Samba Danum Kecamatan Katingan Tengah dengan jumlah sebanyak 56,74 persen dari DPT 3.176 orang.
“Dari 14 desa, enam diantaranya diikuti oleh lima orang bakal calon kades. Lalu ada empat desa yang hanya diikuti oleh tiga orang calon, yakni Desa Karuing, Hapalam, Tumbang Banjang dan Tumbang Tanjung,” imbuhnya.
Kabul Mustiman menjelaskan, saat ini baru Kecamatan Kamipang dan Pulau Malan yang sudah menyerahkan berkas hasil Pilkades kepada Dinas PMD Katingan. Sedangkan tiga kecamatan lain masih dalam proses pengiriman, mengingat lokasinya yang cukup jauh dari pusat pemerintahan kabupaten.
“Penetapan bakal calon Kades terpilih oleh pemerintah desa dijadwalkan mulai tanggal 23-24 Oktober. Dan dilanjutkan tahap pengusulan pengesahan SK dari kecamatan ke kabupaten pada 25-31 Oktober,” jelasnya.
Kemudian, pada tanggal 1 sampai 30 November akan memasuki proses peberbitan dan pemprosesn SK Kades terpilih. Setelahnya atau tanggal 1 hingga 30 Desember 2017 dilaksanakan pelantikan.
“Memang tanggal maupun harinya belum bisa kita tetapkan, namun yang jelas itu rentang waktu tahapan-tahapannya nanti. Rencananya pelantikan dilaksanakan bersamaan di satu tempat oleh bupati Katingan,” katanya. 
Adapun daftar rekapitulasi hasil Pilkades serentak di Katingan tahun 2017 yaitu :
1. Mamansyah Desa Galinggang dengan perolehan suara sebanyak 503.
2. Wanto Sripo Desa Karuing dengan perolehan suara sebanyak 168.
3. Rahdahlan Desa Asem Kumbang dengan perolehan suara sebanyak 432.
4. Hero W. Jangkau Desa Hapalam dengan perolehan suara sebanyak 175.
5. Budiman Desa Tumbang Banjang dengan perolehan suara sebanyak 230.
6. Ahmad Asnan Desa Tewang Karangan dengan perolehan suara sevanyak 143.
7. Kale asal Desa Tumbang Tungku dengan perolehan suara sebanyak 153.
8. Herman Siregar asal Desa Tumbang Tanjung dengan perolehan suara sebanyak 193.
9. Riwandi asal Desa Tewang Panjang dengan perolehan suara sebanyak 71.
10. Kosang Eser asal Desa Petak Puti dengan perolehan suara sebanyak 72.
11. Nurhaka Suka asal Desa Tumbang Kalemei dengan perolehan suara sebanyak 444.
12. Oskarnius asal Desa Tumbang Hangei dengan perolehan suara sebanyak 112.
13. Jhon Metro asal Desa Samba Danum dengan perolehan suara sebanyak 653, dan
14. Muntiper asal Desa Tumbang Hiran dengan perolehan suara sebanyak 174.(BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *