KatinganSlider

Program Kabupaten dan UPT KPHP Harus Sinergis

Kasongan,GK – Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (UPT KPHP) berperan penting dalam mengembangkan pengelolaan hutan berbasis masyarakat. Keberadaannya penting dalam melestarikan kawasan hutan, lingkungan serta meningkatkan perekonomian masyarakat. 

Salah satu contohnya yaitu UPT KPHP milik Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng yang berada di Kecamatan Katingan Hulu. Keberadaannya diharapkan mampu mengembangan bisnis kehutanan lintas sektoral, kementerian/lembaga dan swasta ke depan.
Bupati Sakariyas melalui Asisten II Setda Katingan Ahmad Rubama mengatakan, saat ini di daerahnya telah dibentuk dua kelembagaan UPT KPHP. Untuk itu, dirinya berharap agar adanya perhatian, harmonisasi serta sinergitas antara program milik Pemprov Kalteng tersebut dalam mendukung program strategis kabupaten.
“Kepala SOPD kabupaten saya minta agar intens berkoordinasi dengan pihak provinsi untuk mendukung pelaksanaan pembangunan sektor kehutanan metalui UPT KPHP di wilayah Katingan,” pesannya, Selasa (24/10).
Menurutnya, pembangunan kehutanan dewasa ini menghadapi tantangan yang semakin berat. Seperti sumber daya alam semakin berkurang, rusaknya kondisi alam, pendanaan serta minimnya ketersediaan pelaku pembangunan yang terbatas. Tantangan tersebut harus disikapi secara cerdas.
“Yang perlu didorong saat ini adalah mengambil peran dalam mengembalikan ekologi hutan. Jangan melihat masa lalu, jangan mencari siapa yang salah dalam kerusakan hutan di daerah ini, jadikan kesalahan-kesalahan itu
sebagai entri point dalam mengambil Iangkah, merumuskan dan menyusun strategi pengelolaan hutan yang lebih baik,” pintanya.
Ahmad Rubama menuturkan, pembangunan kehutanan hendaknya di arahkan pada upaya pengelolaan sumber daya hutan secara lebih cermat, produktif, efektif, bijaksana dan memperhatikan kaidah pembangunan yang berkelanjutan.
“Semoga UPT KPHP Katingan Hulu dapat membangun kesepahaman bersama dalam pengelolaan hutan. Serts dapat membangun kesadaran semua pihak dalam menjaga kelestarian hutan di Katingan. Sehingga berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat dengan tidak mengkesampingkan ekosistem hutan,” pungkasnya. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *