KapuasSlider

Bupati Kapuas Buka Festival Tandak Kaharingan

KUALA KAPUAS,GK – Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Kabupaten Kapuas dibuka langsung oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, ditandai dengan pemukulan katambung dan penyerahan tropi piala bergilir kepada Ketua Panitia Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Kabupaten Kapuas, Untung di halaman rujab Camat Kapuas Tengah, Selasa (14/11) pagi.
Dalam kesempatan itu Bupati Kapuas menegaskan secara langsung bahwa ia akan selalu siap mendukung semua kegiatan keagamaan yang ada di Kabupaten Kapuas. “Kita harus selalu mendukung kegiatan keagamaan karena ini sangat penting, karena kegiatan seperti ini merupakan salah satu pembangunan di bidang keagamaan” ungkapnya.
Ucapan syukur juga ia sampaikan karena dapat berkumpul bersama-sama­­­­­­­­­­­­­ dalam rangka Festival Tandak Intan Kaharingan. “Saya bangga karena kegiatan ini telah terlaksana dengan baik,  kegiatan Festival Tandak Intan Kaharingan adalah suatu kegiatan yang luar biasa hal tersebut dikarenakan kegiatan seperti ini akan membuat yang mengikuti kegiatan lebih kuat iman dan taqwanya,” jelas orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu.
Lebih lanjut, ia juga menerangkan akan terus melanjutkan pembangunan diberbagai bidang untuk kemajuan Kabupaten Kapuas. Kemudian Bupati Kapuas mengimbau kepada seluruh masyarakat agar besama-sama mengikat erat tali silaturahim dan tali persaudaraan tanpa membedakan suku agama, ras dan golongan. Sebab menurutnya kita adalah bersaudara, serta menyatukan langkah dan pikiran untuk membangun Kabupaten Kapuas agar lebih maju rukun dan mandiri. Ia juga menyerahkan secara langsung buku keagamaan Agama Hindu Kaharingan kepada Majelis Resort Kaharingan.
Sementara Sulatin selaku panitia, menyampaikan laporan bahwa pada kesempatan itu ada lima jenis lomba seperti kendayu (kidung rohani) perorangan dan beregu, tandak (manandak), pembacaan kitab  suci panturan dan terjemahan, penyampaian pandehen (siraman rohani), karungut yang bernafaskan agama Hindu Kaharingan.
Dari Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IT) Pusat Palangka Raya disampaikan oleh Sisto Hartati, bahwa terlaksananya kegiatan tersebut dalam rangka memantapkan kerukunan hidup interen umat yang harmonis dan serasi sehingga sebagai umat Hindu Kaharingan memiliki kehidupan lahir dan batin, selaras serasi, seimbang serta mampu mewujudkan dan memiliki nilai etika yang tinggi sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Ia juga beraharap kepada seluruh umat yang ada di Kabupatrn Kapuas agar selalu turut membantu untuk membangun Kabupaten Kapuas agar lebih maju lagi. Ucapan terima kasih juga ia sampaikan kepada Bupati Kapuas serta seluruh jajarannya sehingga Festival Tandak dapat terlaksana.  
Walter S Penyang selaku Ketua Majelis Besar Agama Hindu Keharingan (MB-AHK) Pusat Palangka Raya menerangkan bahwa pembangunan dibidang keagamaan ditujukan pada peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan pada Tuhan adalah tangung jawab secara bersama-sama,  pembangunan dibidang keagamaan merupakan bagian atau sektor pembangunan nasional yaitu dengan membangun manusia Indonesia seutuhnya. (hok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *