Kalimantan TengahKatinganNasionalSlider

Ciptakan Program Padat Karya Didesa

KASONGAN,GK – Menteri Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi Indonesia Eko Putro Sandjojo, BSEE,M.BA, bersama dengan Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dan Bupati Katingan Sakariyas secata bersama-sama melepaskan bibit Ikan patin dikolam pilot projek hampangen, Minggu (19/11/2017)
Bersamaan dengan pelepasan bibit ikan tersebut, Menteri Desa juga memanen ikan jenis patin yang merupakan hasil asli dari budidaya dikolam tersebut.
Kedatangan Menteri Desa ke Kabupaten Katingan yaitu istruksi dari Presiden Ir. Joko Widodo
“Jadi kedatangan saya kesini merupakan instruksi dari Presiden, untuk menciptakan padat karya di desa-desa,”Ujarnya
Menteri Desa Eko, menyampaikan bahwa ia juga mensosialisasikan tentang dana desa, dimana tahun depan dana desa wajib dilakukan secara suakelola dan 30% dari dana desa untuk membayar upah pekerja.
Ia menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN dan Kementerian Kelautan.
“Kerjasama ini adalah untuk membuat program Kredir Usaha Rakyat (KUR)Kades,”Imbuhnya
Tujuan dari KUR kades ini yaitu targetnya tahun depan bisa menciptakan satu juta lapangan kerja baru diKalimantan Tengah.
Mengapa memilih Kabupaten Katingan?
Menteri Desa Eko mengatakan bahwa di Katingan akan ada pembuatan lahan, yaitu untuk jagung dan juga akan ada pembuatan embung yang akan dibangun dengan dana desa.
“Dengan adanya embung-embung ini, nanti akan menghasilkan disektor perikanan, jadi  bisa mengurangi potensi stunting di desa-desa tertinggal,”Ungkapnya
Untuk kawasan pembukaan lahan untuk penanaman jagung akan dirapatkan Bupati Katingan Sakariyas bersama dengan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.(Tobu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *