KatinganSlider

Dinkes Katingan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53

KASONGAN ,GK- Dinas kesehatan Kabupaten Katingan menggelar deklarasi pada peringatan hari kesehatan nasional, jum’at (24/11/2017) didepan halaman kantor bupati katingan.
Dalam rangakaian kegiatan peringatan hari kesehatan nasional (HKN) ke-53, dimulai dengan deklarasi Stop buang air besar sembarangan (SBS) yang dibacakan oleh enam perwakilan desa, penandatangan komitmen desa dan pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).
Setelah melakukan pembubuhan tandatangan komitmen, dalam peringatan hari kesehatan nasional ke-53 ini juga diadakan senam masal bersama dengan ratusan warga kasongan yang sebagian besar merupakan aparatur sipin negara (ASN).
Bupati Katingan Sakariyas bersama dengan istri Daurwatie Sakariyas dan sejumlah unsur FKPD seperti Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir L. Nussa, Kajari Kasongan Pilipus Khalolik, Kapolres Katingan AKBP Ivan Adhityas Nugraha S.I.K ikut berbaur dengan masyarakat saat pelaksanaan kegiatan senam.
Bupati Katingan Sakariyas dalam sambutanya mengatakan bahwa komponen terpenting dalam pencegahan penyakit, selain dipengaruhi kualitas serta sarana dan prasarana pelayanan kesehatan adalah perilaku keluarga memiliki dampak yang besar.
Sakariyas menuturkan, bahwa sangat perlu untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat dilingkungan pada masyarakat khususnya dilingkungan keluarga.
Program lain yang didorong untuk membudayakan masyakat hidup sehat adalah gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS).
“Dengan mendorong program Indonesia sehat, pendekatan keluarga dan GERMAS, agar dapat membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sebagai upaya promotif dan preventif, sehingga terciptanya masyarakat yang sehat,”Ujarnya
Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Robertus Pamuryanto, dalam laporan nya, bahwa GERMAS bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, untuk menurunkan angka stunting atau gizi buruk, mencegah penyakit menular dan tidak menular serta seluruh masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Katingan harus terakses dalam program kesehatan nasional.
“GERMAS merupakan program multi sektor, tidak hanya dibidang kesehatan, GERMAS semua sektor semua element masyarakat ikut berpartisipasi dalam gerakan hidup sehat,”Jelasnya.(Tobu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *