KatinganSlider

Pemkab Katingan Bantu 250 Juta Tiwah Massal Desa Telok

KASONGAN ,GK- Upacara tiwah merupakan ritual tingkat akhir acara kematian umat hindu kaharingan, seperti yang dilaksanakan di Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah melakukan upacara tiwah massal.
Sebanyak 75 arwah diikut sertakan dalam pelaksanaan tiwah massal di Desa Telok.
“Jumlah arwah yang diikut sertakan dalam pelaksanaan upacara tiwah massal berjumlah 75 orang dan untuk dari kecamatan mana saja yang mengikuti saya tidak tau persis, yang pasti kebanyakan dari kecamatan Katingan Tengah,”Ujar Ketua DPRD Kabupaten Katingan Ignatius Mantir L. Nussa, Senin (27/11/2017) Dikantor DPRD Katingan.
Untuk pelaksanaan napesan (pemasukan tulang arwah ke dalam sandung) dilaksanakan pada tanggal (30/11).
Kemudian lanjutnya bahwa, pelaksanaan upacara tiwah yang digelar di Desa Telok, ada bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Katingan dari dana hibah 250 juta.
“Yang namanya tiwah massal pastinya ada bantuan dana dari pemerintah daerah, dan kemarin ada bantuan dari dana hibah 250 juta untuk membantu kegiatan tiwah massal,”Imbuhnya
Dari rincian anggaran kemarin lanjutnya, dari pemerintah daerah ditambah dari swadaya/pihak keluarga kurang lebih 400 an juta.
Menurut Ketua DPRD, dengan adanya kebijakan pemerintah daerah untuk membantu pelaksanaan tiwah sehingga banyak masyarakat yang terbantu agar bisa mengikut sertakan keluarganya yanh sudah meninggal agar ditiwahkan.
“Seperti yang kita tau, bahwa upacara tiwah ini untuk mengantarkan arwah ke lewu tatau (sorga),”Tutupnya.(Tobu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *