KatinganSlider

Potensi Wisata Wilayah Selatan Belum Tergali

KASONGAN,GK – Sejumlah kecamatan di wilayah Selatan Kabupaten Katingan menyimpan banyak potensi wisata alam menarik. Lantaran ketiadaan akses jalan, seluruh potensi itu belum mampu berkontribusi besar untuk menunjang perekonomian masyarakat sekitar.
Bupati Katingan Sakariyas mengatakan, adapaun wilayah kecamatan tersebut yakni mulai Kamipang, Mendawai hingga Kecamatan Katingan Kuala. Di Kelurahan Pegatan saja, sambungnya, ternyata menyimpan beberapa obyek yang dapat dikembangkan menjadi pariwisata alam yang cukup menarik.
“Kemarin saya ada melakukan meninjau pembangunan jalan dan jembatan di wilayah Kecamatan Katingan Kuala. Dari situ saya bisa menilai,” ujarnya.
Berdasarkan hasil kunjungannya tersebut, bupati Sakariyas sudah mendapatkan gambaran hal-hal apa saja yang akan pemerintah daerah untuk menembus jalan darat ke wilayah hilir tersebut.
“Keinginan kita itu, jalan dari Katingan Kuala bisa tembus langsung ke Kasongan
Begitu juga dibagian Utara, dari Kecamatan Bukit Raya bisa langsung berkendara ke Kasongan,” imbuhnya.
Jika jalan sudah tembus, maka akan banyak obyek wisata alam menarik yang selama ini belum diketahui khalayak ramai di Pagatan itu.
“Seperti wisata Pantai Pagatan, kemudian ada wisata Batu Mandi, Pulau Damar, dan lainnya. Itu baru di Pegatan, belum di desa atau kecamatan lain,” sebutnya.
Menurutnya, Kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala sejauh ini masih terisolir. Belum ada jalur darat yang tembus. Namun Pemerintah Kabupaten Katingan terus berupaya melalui berbagai kebijakannya untuk menembuskan jalan tersebut.
“Sebenarnya dari Desa Baun Bango Kecamatan Kamipang menuju Pagatan, jaraknya sekitar 80 kilometer saja. Mudah-mudahan tahun berikutnya ruas jalan menuju Pagatan itu bisa tembus,” Ucap Sakariyas.(BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *