HeadlineKalimantan TengahKatinganNasionalPolitikSlider

15 Kelompok Tani Dapat Bantuan Handtraktor

BANTUAN : Anggota DPR RI H Hamdani didampingi anggota DPRD Katingan Realita foto bersama usai menyerahkan bantuan handtraktor beserta sejumlah alat mekanisasi pertanian kepada 15 kelompok tani, belum lama ini.

KASONGAN,GK-Anggota DPR RI Komisi IV daerah pemilihan (dapil) Kalteng H Hamdhani nampaknya sangat memperhatikan kebutuhan para petani di Kabupaten Katingan.

Hal itu dibuktikan dengan diserahkannya bantuan traktor tangan beserta sejumlah alat mekanisasi pertanian kepada 15 kelompok tani, belum lama ini.

Anggota DPRD Katingan Realita menuturkan, penyerahan berbagai alat mekanisasi pertanian tersebut berasal dari dana aspirasi salah satu anggota DPR RI dapil Kalteng, yaitu H Hamdani. Menurutnya, sejak beberapa tahun terakhir cukup banyak bantuan alat mekanisasi pertanian yang diberikan kepada kelompok tani, baik bersumber dari APBN maupun pemerintah daerah.

“Harapannya agar para petani ini bisa mempergunakan alat itu secara bersama-sama. Tujuannya tidak lain, yaitu untuk meningkatkan hasil pertanian warga,” ungkapnya, Kamis (28/12).

Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) menyebut, Kabupaten Katingan menjadi salah satu daerah tujuan penerima bantuan tersebut. Pasalnya, hasil pertanian di daerahnya dinilai cukup potensial untuk dikembangkan.

“Kelompok-kelompok tani kita ini memang layak mendapatkan bantuan, karena hasil pertanian mereka selama ini sudah berhasil. Agar produksinya terus meningkat maka diberikan bantuan tersebut, harapannya agar Katingan mandiri pangan,” imbuhnya.

Realita mengatakan, pemberian bantuan semacam itu sudah berlangsung sejak tahun 2015 lalu, terutama handtraktor maupun jenis alat pertanian lain. Bahkan, ujarnya, anggota DPR RI H Hamdani menjanjikan untuk terus melanjutkan program pro petani tersebut ditahun akan datang.

“Bantuan ini diberikan sesuai dengan permintaan Presiden RI Jokowi, agar petani harus mendapatkan alat pertanian secara gratis dan digunakan secara berkelompok,” sebutnya.

Dirinya berharap, agar Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Katingan tidak lantas melepas tanggungjawab akan kebutuhan para petani di daerahnya. Sebab, masih banyak petani di berbagai kecamatan yang masih kesulitan untuk mengembangkan usahanya.

“Kalau bisa dinas terkait juga memberikan bantuan yang sama, sehingga produktivitas hasil pertanian terus meningkat tiap tahunnya. Ke depan akan lebih banyak lagi alat pertanian yang diserahkan. Karena pak H Hamdani potensi pertanian di Katingan sangat menjanjikan,” pungkasnya. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *