Kalimantan TengahPalangka RayaSlider

Buka Lembaran 2018 Ritual Mamapas Lewu Ma’arak Sahur Siap Digelar

Palangka Raya , GK – Menutup tahun 2017 dan membuka lembaran baru tahun 2018, Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kota bersama Pemerintah Kota Palangkaraya berencana akan menggelar ritual Mamapas Lewu Maarak Sahur. Ritual keagamaan yang telah menjadi adat tradisi ini dimulai pada 30 Desember 2017 hingga hari pertama Tahun Baru 2018 dengan mengambil tempat di Balai Kaharingan dan Bundaran Besar Kota Palangkaraya.

Kepada GK, Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kota Palangka Raya,  Parada LKDR menjelaskan, ritual  Mamapas Lewu Ma’arak Sahur dilaksanakan karena pada tahun lalu, umat telah bermohon dengan leluhur untuk menjaga dan memberi perlindungan bagi warga Palangkaraya. Menyambut tahun 2018, umat dan warga wajib mengucap syukur karena telah keselamatan, kesehatan dan kekuatan di tahun sebelumnya. Ucapan syukur kepada Yang Maha Kuasa ini akan ditandai dengan ritual melepaskan mangkok sahur.

“Sedangkan ritual Mamapas Lewu bermaksud untuk membersihkan Palangka Raya  dari pengaruh perbuatan buruk atau jahat, baik yang dilakukan oleh manusia atau pun roh jahat”, jelasnya.

Esoknya Majelis hindu Kaharingan juga rencananya akan mengorbankan satu ekor sapi dan kerbau sebagai ritual permohonan. Setelah disembelih, kepala kerbau nantinya akan ditanam di bundaran Besar Kota Palangka Raya sebagai wujud pembersihan. Mamapas Lewu juga akan digelar dalam bentuk arak arakan keliling kota menjelang tutup tahun 2017.

Lebih jauh Parada menjelaskan, rangkaian upacara ini dalam rangka menyongsong tahun 2018  sebagai upaya membersihkan diri dari segala bentuk perasaan yang mengotori hati dan pikiran. (krn/sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *