DPRD Gunung MasGunung MasHEADLINE

Berharap DAK Tahun Depan Tembus Rp 30 Miliar

"Artinya tahun ini kita mendapat kenaikan DAK 100 persen dari tahun sebelumnya yang cuma Rp 9 miliar. Sejauh ini rata-rata pekerjaannya sudah berjalan, bahkan sudah ada pekerjaan yang mencapai 90 persen," jelasnya, Rabu (28/8/2019).

gerakkalteng.com – KUALA KURUN – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Gunung Mas, H. Muhamad Rusdi mengatakan, tahun ini pihaknya mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 18 miliar. Anggaran sebanyak itu terbagi untuk program rehabilitasi ruang kelas dan WC sekolah dihampir semua kecamatan baik sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama.

“Artinya tahun ini kita mendapat kenaikan DAK 100 persen dari tahun sebelumnya yang cuma Rp 9 miliar. Sejauh ini rata-rata pekerjaannya sudah berjalan, bahkan sudah ada pekerjaan yang mencapai 90 persen,” jelasnya, Rabu (28/8/2019).

Dirinya berharap, tahun 2020 mendatang DAK yang bakal diterima sektor pendidikan di Kabupaten Gunung Mas bisa menembus angka Rp 30 miliar. Kebanyakan program yang berasal dari DAK unthk rehabilitasi atap, dinding maupun lantai sekolah yang sudah lapuk termakan usia.

“Tidak ada lagi pengusulan penambahan ruang kelas atau sekolah. Sebab berdasarkan hitungan, maka jumlah peserta didik dan jumlah ruang kelasnya sudah mencukupi,” sebutnya.

Menurutnya, peran Dinas Disdikbud Gunung Mas terkait DAK tersebut sebatas mengawasi jalannya program pembangunan atau rehabilitasi.

“Pada umumnya, gedung sekolah di Gunung Mas perlu mendapat perhatian pemerintah pusat karena sudah usang dan lapuk. Kami imbau, agar masing-masing sekolah lebih teliti dan aktif menyampaikan Dapodik. Sehingga pemerintah pusat dapat melihat, mempertimbangkan dan memverifikasi usulan tersebut,” pungkasnya. (hms/srn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!