Barito TimurDPRD Barito Timur

Meski Pandemi, Guru dan Perserta Didik Diharap Tetap Produktif 

"Secara umum pendidikan adalah proses pengajaran suatu pengetahuan, keterampilan atau kebiasaan dari satu generasi ke generasi lain dibawah bimbingan seseorang secara langsung atau secara otodidak," ujar bupati, Senin (3/5/2021).

 

Gerakkalteng.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas berharap semua guru, pemerhati pendidikan, termasuk perserta didik tetap fokus meski masih pandemi Covid-19.

Dikatakan Ampera A.Y Mebas, pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik. Ada juga yang mendefinisikan, lanjut Ampera A.Y Mebas bahwa pendidikan adalah satu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan juga bertanggung jawab secara susila.

“Secara umum pendidikan adalah proses pengajaran suatu pengetahuan, keterampilan atau kebiasaan dari satu generasi ke generasi lain dibawah bimbingan seseorang secara langsung atau secara otodidak,” ujar bupati, Senin (3/5/2021).

Ia menjelaskan, pada tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan yaitu Ki Hajar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Selain itu, lanjut Ampera A.Y Mebas mengatakan, Peringatan Hari Pendidikan Nasional tidak semata-mata untuk mengenang hari kelahiran Ki Hajar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, tetapi lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.

“Khususnya di Hari Pendidikan Nasional tahun 2021 ini, saatnya kita jadikan sebagai momentum untuk bergerak bersama dalam mewujudkan kemerdekaan yang lebih hakiki dalam lingkup pendidikan, merdeka belajar. Walaupun ditengah masa pandemi Covid-19 ini, masih kita tetap bersemangat dalam mengupayakannya. Mari serentak bergerak, Wujudkan merdeka belajar,” pungkasnya. (ags)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!