DPRD Kota Palangka RayaPalangka Raya

Keberadaan Bank Sampah di Palangka Raya Harus Merata

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung mengatakan, keberadaan bank sampah di Kota Palangka Raya hingga kini masih belum maksimal dimanfaatkan oleh masyarakat.Hal ini kata dia lebih dikarenakan jumlah bank sampah yang ada masih belum tersebar secara merata.

“Bank sampah di Palangka Raya terbilang masih sedikit saja. Padahal keberadaan bank sampah dapat menjadi wadah untuk mereduksi sampah organik maupun non organik,”ungkapnya, Senin (8/10/2018).

Menurut Nenie, pihaknya pernah studi banding terkait bank sampah di daerah Jakarta , dimana disana keberadaan bank sampah pada setiap kelurahan ataupun kecamatan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Terutama untuk memilah sampah yang bernilai ekonomis ataupun dapat didaur ulang, baik sebagai pupuk atau produk kerajinan dan lain-lain.

“Dlihat dari sisi positifnya, apabila keberadaan bank sampah dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat , maka setidaknya besaran ton sampah yang diantar ke tempat pembuangan akhir sampah (TPA) dapat dikurangi,”ucapnya lagi.

Lanjut Nenie mengatakan, keberadaan bank sampah di Kota Palangka Raya sejatinya sangat dibutuhkan, karenanya perlu dilakukan pemarataan dalam hal ketersediaan bank sampah. Paling tidak pada setiap kelurahan ada memiliki bank sampah, baik yang dibangun oleh pemerintah daerah ataupun dibangun oleh pihak swasta

Pun demikian, seiring perlunya keberadaan bank sampah, maka disisi lain kesadaran masyarakat juga perlu dituntut, terutama dalam hal pemanfaatan keberadaan bank sampah sebagai tempat pemilihan sampah untuk sumber penghasilan.

“Ya, kalau untuk peran dan kesadaran warga dalam menangani pemilahan sampah di Palangka Raya masih sangat kurang. Terutama dalam meredukasi mana sampah yang bernilai ekonomi atau bisa didaur ulang,”terangnya.

Padahal tambah Nenie, masyarakat bisa mendapatkan keuntungan, semisalkan saja dalam satu keluarga mampu memilah sampah dengan baik, terutama untuk dimanfaatkan dalam berbagai inovasi kreatif yang bisa dipasarkan, maka setidaknya dapat menjadi penghasilan yang tanpa diduga-duga.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!