KapuasSlider

Ibu Harus Berperan Menjadi Lokomotif Keluarga

KUALA KAPUAS,GK – Dalam rangka Memperingati Hari Ibu Ke 89 Kabupaten Kapuas Tahun 2017, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) melaksanakan acara puncak yang dihadiri langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas yang juga selaku Penasehat GOW Ny Ary Egahni Ben Bahat SH, Jumat (22/12) pagi di Gedung Wanita Lawang Kameloh, Kuala Kapuas.

Kegiatan itu dihadiri pula oleh Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan S.Hut, Forkopimda Kabupaten Kapuas, Ketua Pengadilan Negeri Kapuas, Ketua Pengadilan Agama, Para Asisten, Staf Ahli, Kepala SOPD/Badan Lingkup Pemkab Kapuas, Ketua GOW Kabupaten Kapuas Ny Hj Nor Apiati Muhajirin, Ketua Panitia Penyelenggara Hari Ibu Ny Kusmiatie Algrin Gasan, Ketua Bhayangkari Kabupaten Kapuas, Anggota Organisasi Wanita di Kabupaten Kapuas dan para undangan.

Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan, peringatan Hari Ibu sudah tentu mengingatkan kepada semua pihak secara khusus kaum bapak-bapak bahwa pengorbanan seorang ibu sunggu luar biasa.

“Misalnya kita bisa buktikan di rumah, anak-anak begitu pulang sekolah atau darimana saja pasti mencari ibu terlebih dahulu daripada bapaknya. Ini membuktikan bahwa peran seorang ibu sangat strategis dalam keluarga,”kata Ben Brahim.

Untuk itu, ia mengajak kaum Ibu yang hadir agar bisa menjadi lokomotif pendorong bagi suami, anak dan keluarga untuk bersama-sama mengiring generasi muda terutama anak-anak kearah yang lebih baik termasuk mengiring bapak-bapak kearah yang lurus.

“Bagi ibu-ibu sayang mengajak mari dengan penuh kesabaran dalam mendampingi suami dan penuh kasih sayang dalam mendidik anak-anak. Selamat Merayakan Hari Ibu dan Jayalah Ibu-ibu Kabupaten Kapuas,”tekannya.

Sementara itu, Ary Egahni selaku Penasehat GOW Kapuas membacakan sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise dalam Ranga PHI yang ke 89 Tahun 2017.

Ia mengatakan Peringatan Hari Ibu setiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan dilandasi oleh cita-cita dan semangat persatuan kesatuan menuju kemerdekaan Indonesia yang aman, tentram, damai, adil dan makmur sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam Kongres Perempuan Indonesia pada Tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

“Momentum Hari Ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan,”tuturnya.

Untuk itu, melalui Tema Peringatan Hari Ibu Tahun 2017 yaitu “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya”, ia mengajak semua perempuan untuk maju terus, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat dan bangsa.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Kusmiatie Algrin Gasan dalam laporannya menerangkan, maksud dan tujuan kegiatan yaitu antara lain untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat terutama generasi muda.

Kemudian, meningkatkan aspirasi masyarakat terhadap keluhuran kodrat, harkat dan martabat serta peranan dan kedudukan kaum perempuan dalam upaya peningkatan keutuhan dan kesejahteraan keluarga melalui peningkatan kualitas peran sertanya baik peran pribadi, mandiri, maupun organisasinya dalam berbagai aktivitas pembangunan.

Ia menjelaskan, adapun kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu Senam Energik bersama masyarakat hari Minggu tanggal 3 Desember 2017 di Stadion Kapuas, Gerakan Kapuas Bersih Lingkungan hari Minggu tanggal 3 Desember 2017 di sekeliling stadion Kuala Kapuas, Anjangsana ke Lembaga Pemasyarakatan/Rutan Kabupaten Kapuas hari Senin tanggal 21 Desember 2017 dan Acara puncak Upacara Peringatan Hari Ibu ke 89 yang kita laksanakan pada hari ini tanggal 22 Desember 2017. (hmskmf/fgk-sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *