Kalimantan TengahPalangka RayaSlider

Jauhkan Narkoba Pada Anak Ortu Diminta Sediakan Bekal 

Palangka Raya, GK – Untuk menghindari kontaminasi narkoba pada jajanan, orang tua diminta untuk mengajarkan pola sarapan pagi secara rutin untuk anak anaknya.  Orang tua lebih baik menyiapkan bekal untuk jadwal kegiatan anaknya agar menghindari jajan di luar.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat atau Kabid P2M BNN Provinsi Kalimantan Tengah, Badja Sukma kepada GK, Senin (18/12/2017). Dijelaskan Badja, sebaiknya orang tua menyiapkan sarapan pagi dan bekal khusus bagi anak di sekolah. Tujuannya agar anak anak tidak lagi jajan dan mengkonsumsi makanan lain yang belum tentu bersih dan bebas dari narkoba. Pola dan cara ini akan menimbulkan rasa cinta anak kepada produk buatan ibu atau orang tuanya. Dengan cara ini pula anak anak akan beranggapan masakan ibu lebih enak dan lebih baik dari makanan yang dijajakan di luar.  Selain itu, karena orang tua tidak mungkin mengawasi anaknya selama 24 jam maka diminta untuk mengajari anak mendeteksi makanan dan jajanan.

“Caranya adalah memencet minuman mineral atau kemasan sekeras mungkin. Jika muncul rembesan air maka minuman tersebut kemungkinan mengandung  narkoba dan wajib untuk dibuang. Narkoba memiliki ciri tidak berwarna dan tidak berbau jika disuntikkan dalam minuman berwarna”, ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskan Badja Sukma, keluarga sebagai unsur terkecil diminta untuk ikut menyukseskan gerakan Kalteng Bersinar atau bersih narkoba. Adalah dengan jalan memulainya dari lingkungan keluarga dan dan lingkungan RT . Seluruh elemen keluarga dan RT haruslah bersama memerangi narkoba dan menjadikan benteng yang kuat untuk menangkal narkoba. (krn/sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *