Kalimantan TengahPalangka RayaSlider

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Pangan Dipastikan Merangkak Naik 

Palangkaraya, GK – Tim Satgas Pangan Gabungan memastikan mendekati Hari Raya Natal dan Tahun Baru harga kebutuhan pokok dan pangan lainnya akan melonjak. Namun dipastikan tim satgas pangan dan pengendalian harga akan terus berupaya maksimal agar lonjakan tersebut dapat terkendali dan tidak terlalu tinggi.

Demikian disampaikan Koordinator Pemantuan Tim Satgas Pangan Polda Kalteng ,yang juga Dirbinmas Polda Kalteng , AKBP Jafar kepada sejumlah wartawan, Rabu (13/12/2017) . Dijelaskan Jafar, hasil pemantauan dan pengawasan tim satgas pangan gabungan masih mendapati harga pangan dan kebutuhan pokok yang relatif stabil. Terlebih pada harga telur, beras, cabai, daging, tepung, minyak bawang dan barang lainnya. 

Namun ia memastikan menjelang Hari Natal dan Tahun baru terlebih H-3 atau H-2 harga harga tersebut akan melesat  seiring permintaan konsumen. Menjelang dua hari penting tersebut, permintaan dan kebutuhan masyarakat akan meningkat sehingga menimbulkan penawaran dan persediaan yang juga meningkat. 

” Tim satgas pangan siap untuk menindak tegas spekluan atau pedagang nakal yang memainkan dan memanfaatkan situasi dengan kepentingan pribadi”, jelasnya.

Ditegaskan, sanksi seberat tujuh tahun penjara siap menanti jika ada spekulan yang berani menimbun atau memainkan harga seenaknya.

Seperti diketahui sebelumnya, tim satgas pangan gabungan Polda Kalteng bersama BULOG, BPOM Disperindag setempat melakukan sidak ke dua pasar induk Palangkaraya yakni Pasar Kahayan dan Pasar Besar. Upaya ini dlakukan untuk memantau , mengawasi, mengendalikan dan menindak jika terjadi ketidak stabilan harga dan pasokan. Hingga dua minggu menjelang Natal dan tiga minggu menjelang tahun baru masih dijumpai harga yang relatif stabil dan terkendali. Tim akan berusaha keras agar harga tetap terkendali dan distribusi serta pasokan aman dan tersedia.(Krn/sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *