Kalimantan TengahPalangka RayaSlider

Orang Tua Diminta Lakukan Deteksi Dini Anti Narkoba Kepada Anak

Palangka Raya , GK – BNN Provinsi Kalimantan Tengah mengingatkan peran ibu dan orang tua untuk selalu melakukan deteksi dini terhadap anaknya. Deteksi ini cukup sederhana yakni dengan memantau dan mencatat database perilaku anaknya. Jika yang tadinya periang, suka bercerita, gemar beraktivitas tiba tiba murung, sedih, menyendiri dan pendiam, sebaiknya para ibu perlu mendalami dan menanyakan persoalan anak terlebih jika berkaitan dengan narkoba.

Demikian disampaikan, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kabid P2M Badja Sukma kepada GK, Selasa (12/12/2017) . Dijelaskan Badja, menelisik tanda seseorang memakai narkoba tidak selalu menunjukkan tanda yang spesifik baik secara fisik dan psikologis. Seorang pemakai bisa saja gemuk bisa saja kurus, bisa saja tampil lebih ceria bisa saja tampil lebih pendiam dan tidak menunjukkan tanda spesifik. Hal ini disebabkan narkoba memiliki berbagai kandungan zat dan bahan kimia yang berbeda. Untuk itu peran ibu sangatlah penting untuk mencatat dan memantau database anaknya. Dekatilah dan kenalilah sifat asli anaknya dan amatilah jika terjadi perubahan signifikan. Jika anak-anak selalu menunjukkan perilaku riang, suka bergaul, terbuka, ceria, suka bercengkrama kemudian menjadi kebalikannya menjadi pemurung, suka gelisah, merenung, maka perlu dicurgia dan diwaspadai.

“Ibu perlu dekat dan memiliki ikatan dalam untuk dapat mempergunakan nalurinya jika ada sesuatu yang salah terhadap anaknya. Ibu dan orang tua dapat menanyakan langsung dan melakukan pendekatan yang penuh kasih kepada anaknya”, jelas Badja.

Lebih jauh , peran ibu dan istri juga sangat diperlukan untuk memantau database perilaku suami. Perilaku suami haruslah terus dikenali dan dipantau dan patut dikonsultasikan jika ada perubahan signifikan. Suaminya yang tadinya bersemangat, penuh energi, aktif kemudian menjadi kebalikkannya perlu ditelisik terlebih jika menggunakan narkoba.

Dengan demikian, Ibu memiliki peran sentral dalam menjaga suami dan anaknya untuk menjauhkan keluarga dari narkoba. (Krn/sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *