Kalimantan TengahPalangka RayaSlider

Pemko Palangka Raya Gandeng UI Seminar Terkait Wacana Pemindahan Ibu Kota

Palangka Raya,GK – Pemerintah Kota Palangka Raya bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) akan menggelar seminar nasional pemindahan ibukota Pemerintahan Republik Indonesia (RI).

Seminar ini digelar sebagai upaya Pemerintah Kota Palangka Raya sebagai persiapan menghadapi program pemindahan Ibukota RI ke Kalimantan Tengah.

Rencananya seminar bertemakan ‘pemindahan Ibu Kota Negara, Pengaruh Kebijakan dan Masa Depan Indonesia’ ini akan dilaksanakan Jumat 15 Desember 2017 di Swissbel Hotel Danum Palangka Raya.

Rencananya dalam seminar ini akan menghadirkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Prof DR Bambang P.S. Brodjonegoro.

Selain itu dalam seminar ini akan digelar diskusi panel dengan nara sumber Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Walikota Palangka Raya Riban Satia dan Ahli Arsitektur Perkotaan Universitas Indonesia Ir Antony Sihombing MPD, Ph.D.

Diskusi dalam seminar ini akan dipimpin Prof DR Danes Jaya Negara M.Sc, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Universitas Palangka Raya. 

Sebagai tuan rumah penyelenggara seminar, Pemerintah Kota Palangka Raya juga mengundang pemakalah dari seluruh Indonesia untuk memberikan 
kontribusi pemikiran terkait pemindahan ibukota dalam bentuk kajian.

Nantinya ada 13 makalah terbaik akan dipresentasikan dalam sesi paralel. Makalah tersebut telah melalui proses seleksi sejak September 2017.

Adapun tema makalah mencakup tema tersebut terkait perancangan perkotaan ibukota negara, kajian transportasi ibukota negara, tata ibu kota ditinjau dari permukiman, ekonomi perkotaan dan prediksi perekonomian ibukota, otensi dan pengembangan pariwisata, serta tema lainnya yang relevan dengan tema pemindahan ibukota negara.

Melalui acara ini diharapkan menjadi wadah diskusi Publik terhadap wacana pemindahan ibukota Pemerintahan RI ke Provinsi Kalimantan Tengah serta pengaruh kebijakan pemerintah terhadap daerah dan masa depan Indonesia. 

Kajian optimasi wilayah pemindahan ibukota negara diharapkan akan terhimpun melalui seminar nasional ini. Dengan demikian masyarakat akan 
memperoleh pemahama terhadap pengaruh dari kebijakan sebelum dan setelah diberlakukannya pemindahan dengan mengacu pada kajian akademis. (sogi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *