KatinganSlider

Puluhan Kelompok Tani Katingan Kuala Mendapat Bantuan Alat Pertanian

KASONGAN,GK – Puluhan kelompok tani di kecamatan Katingan Kuala mendapat alat pertanian modern dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI). Demikian yang dikatakan kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (Distan Pakan) Kabupaten Katingan, Ir Hendri kepada Tabengan, Kemis (14/12) kemaren, di ruang kerjanya.

Puluhan alat pertanian modern dimaksud, selain  berupa handtracktor, juga chombign, halplanster, pembersih beras, eksa dan sejumlah alat multifungsi pertanian lainnya yang saat ini sudah diserahkan kepada masing-masing kelompok tani, dan sebagian juga masih belum diambil oleh kelompok tani yang lainnya. “Kegunaan masing-masing alat berat modern pertanian tersebut, diantaranya untuk mengolah lahan pertanian, untuk memanen, pembersih beras dan ada pula alat untuk melakukan penanaman dan sekaligus untuk alat mengetam (memanen),” terang mantan sekrataris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Katingan ini.

Sementara puluhan alat pertanian ini menurutnya berasal dari bantuan Pemerintah Pusat melalui dana aspirasi langsung Dewan Perwakilan Rakyat Repbulik Indonesia (DPR-RI) yang dianggarkan dan diserahkan langsung dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI kepada Dinas Pertanian, Pangan dan Peikanan Kabupaten Katingan. “Kemudian, kita kirim ke masing-masing kelompok tani di kecamatan yang paling hilir itu,” terang Hendri.

Ke depan, para petani di beberapa wilayah kecamatan di Katingan ini akan mendapat bantuan handtrakctor lagi dari Kementan RI dengan jumlah sekitar 100 unit. Hal ini menurutnya untuk menunjang pengolahan ribuan hektare sawah yang dicetak di tahun yang lalu, dengan harapan hasil produksinya lebih maksimal. “Sedang tujuan lainnya adalah, agar masyarakat lebih serius mengolah dan mengelola lahan pertanian yang sudah dicetak sawah oleh Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Ditanya tentang pendistibusian puluhan alat pertanian modern dari Pemerintah Pusat ini, menurutnya dikirim langsung oleh Kementan RI, langsung di SOPD yang dipimpinnya saat ini. Setelah itu, baru dikirim ke masing-masing kelompok tani di kecamatan Katingan Kuala. “Sedangkan biaya pengiriman dari Kasongan ke kecamatan Katingan Kuala, lantaran tidak ada anggaran, maka kita patungan bersama kelompok tani yang menerima bantuan dimaksud,” akunya dengan jujur.

Terkait dengan bantuan puluhan alat-alat pertanian modrn ini, dirinya selaku orang nomor satu di Distan Pakan ini, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat dan kepad para wakil rakyat yang duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Repubik Indonesia (DPR – RI). “Karena, sejumlah alat pertanian yang kita terima ini atas upaya para wakil rakyat kita yang duduk di  DPR – RI saat ini,” jelas Hendri. (Tubu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *