KatinganSlider

Unik Tidak Punya Sepatu Sesuai Aturan PDUB Kades Sulap Sepatunya Jadi Warna Putih

KASONGAN,GK – Sebanyak 14 kepala desa (kades) terpilih hasil Pilkades serentak beberapa waktu lalu, resmi dilantik Bupati Katingan Sakariyas di Aula Bappelitbang setempat, Senin (18/12) siang.

Ada yang unik dalam prosesi pelantikan kades serentak tersebut. Selain dijejali ratusan orang yang merupakan pihak keluarga, kerabat hingga tim pendukung, ternyata sejumlah kades belum memiliki sepatu putih yang dianjurkan dalam aturan pakaian dinas upacara besar (PDUB).

Agar prosesi pelantikan sesuai aturan, akhirnya sepatu pantofel hitam berbahan kulit milik sejumlah kades itu disulap menjadi putih menggunakan cat semprot.

“Memang belum banyak yang tahu kalau sepatu putih yang dipakai para kades itu adalah hasil cat semprot. Ngecatnya pagi tadi, sebelum banyak tamu undangan yang hadir,” ungkap Dayat salah satu pegawai di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Katingan.

Menurutnya, pengecatan terpaksa dilakukan mengingat sepatu pantofel putih sebagai salah satu atribut wajib PDUB tidak ada yang jual di Kasongan dan sekitarnya.

“Karena terdesak waktu upacara pelantikan, akhirnya kami berinisiatif agar sepatunya dicat saja. Sebab tidak mungkin lagi kalau harus pergi ke Palangka Raya untuk membeli sepatu,” katanya.

Sekilas, ujarnya, sepatu putih hasil cat semprot tersebut tidak kalau bagusnya dari sepatu yang semestinya. Dirinya bersyukur, proses pelantikan kades dapat berjalan khidmat dan sesuai harapan.

“Hanya saja kalau diperhatikan dari dekat, maka akan kelihatan aslinya (hasil cat, Red),” kata Dayat. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *