Barito TimurDPRD Barito Timur

Semangat Dan Perjuangan Ibu Kartini Patut Diteladani

Anggota DPRD Bartim saat mengikuti kegiatan paripurna dewan.

Tamiang Layang,GERAKKALTENG.COM- Kalangan legislator DPRD Barito Timur (Bartim) mengatakan, peringatan Hari Kartini merupakan semangat dan perjuangan Raden Ajeng Kartini, yang dengan gigih memperjuangkan hak-hak wanita.

“Sehingga patut diteladani bersama, walaupun merupakan keturunan bangsawan akan tetapi dalam kesehariannya sangat sederhana. Sehingga menjadi panutan bagi perempuan Indonesia,” kata ketua komisi II DPRD Bartim Rini S.Sos, kepada awak media, Senin (22/4).

Ia menjelaskan, peringatan hari lahir RA. Kartini ke-140 tahun, merupakan semangat dan perjuangan RA. Kartini yang dengan gigih memperjuangkan hak-hak wanita.

“Peringatan hari Kartini ke-140 merupakan momentum yang sangat berarti bagi kita semua, sebagaimana kita ketahui bahwa RA. Kartini yang lahir pada 21 April 1879, adalah seorang perempuan Indonesia yang memiliki cita-cita luhur bagi perjuangan kaum perempuan di Indonesia,” ucapnya.

Ia menerangkan, perjuangan RA. Kartini dalam mensejajarkan harkat dan kedudukan perempuan Indonesia, patut manjadi contoh dan motivasi bagi kita semua. Terutama kaum perempuan Indonesia masa kini yang merupakan generasi penerus. Sehingga harapannya pemerintah Kabupaten Bartim dapat melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan di berbagai bidang, termasuk didalamnya adalah pemberdayaan perempuan yang merupakan potensi sumber daya manusia untuk tercapainya program Pemerintah Daerah.

“Agar kaum perempuan di Kabupaten Bartim dapat berperan aktif, dalam mendukung pencapaian program pembangunan daerah,” tandasnya.

Rini menambahkan, dalam memperingati hari Kartini saat ini adalah menggali api semangat Kartini, dimana kaum perempuan Indonesia dituntut dalam keikutsertaan secara maksimal, untuk turut mensukseskan pembangunan terlibat dalam dunia perpolitikan sesuai dengan kemampuan dan bidang kita masing-masing.

“Saat ini kaum perempuan Indonesia telah memperoleh persamaan hak-haknya dan memperoleh kebebasan, tetapi perjuangan dan cita-cita Kartini belum sepenuhnya berhasil dan masih banyak perempuan Indonesia yang perlu diperjuangkan,” timpalnya.

Rini mengajak, partisipasi perempuan terhadap gelora pembangunan sekarang, khususnya di Kabupaten Bartim untuk bersama -sama bergerak membangun Bartim menuju Gumi Jari Janang Kala Lawah. Dengan semangat Kartini mercerminkan bahwa Kabupaten Bartim yang saat ini ada banyak politikus perempuan yang berhasil duduk dikursi parlemen.

“Hal ini menjadi kebanggaan bagi kaum wanita, bahwa seorang perempuan sudah dapat memperlihatkan keberhasilannya baik dalam bidang fisik maupun non fisik. (vri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!