HEADLINEKatingan

53 Calon Peserta Ikuti Pelatihan Tes Psikologi

ARAHAN : Kapolres Katingan AKBP Ivan Adhityas Nugraha saat memberikan arahan pada kegiatan pembinaan dan pelatihan tes psikologi yang diikuti 53 calon peserta seleksi anggota Polri tahun 2018, Kamis (18/1).

KASONGAN,GK – Program penjaringan proaktif calon peserta seleksi anggota Polri tahun 2018 sudah memasuki tahap pembinaan dan pelatihan bidang psikologi. Kegiatan tersebut dipusatkan di aula Bhayangkara Polres Katingan, Kamis (18/1).

Pada tahapan ini, semua calon peserta rekrutmen akan menjalani tes kecermatan, kecerdasan hingga kepribadian. Pelatihan tersebut diharapkan menjadi bekal hingga tolok ukur para calon peserta sebelum menjalani tes yang sesungguhnya.

Kapolres Katingan AKBP Ivan Adhityas Nugraha mengatakan, pembinaan atau pelatihan tersebut dipimpin langsung oleh Tim Psikologi Biro SDM Polda Kalteng AKBP R. Guna Dharmawan beserta jajaran.

“Peserta pelatihan psikologi tahun ini diikuti sebanyak 52 orang, mereka rata-rata merupakan siswa/mahasiswa maupun putra-putri yang ada di Kabupaten Katingan. Kegiatan ini bersifat try out (uji coba) untuk memberikan gambaran bagi calon peserta dalam menghadapi tes psikologi pada rekrutmen anggota Polri nanti,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut bersifat pembinaan sehingga tidak dipungut biaya alias gratis. Dirinya cukup bangga atas tingginya antusiasme peserta pelatihan di daerahnya tersebut.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta tentang teknis menjawab dan menyeselesaikan soal-soal tes psikologi. Seperti menggambar, hitungan general, kejiwaan, kepribadian, tes IQ, dan kemampuan,” jelasnya.

Uji coba tersebut diharapkan, membantu para calon peserta seleksi untuk mendapatkan gambaran sejak awal tentang mekanisme dan contoh materi-materi tes psikologi.

“Sehingga para peserta dapat lebih mempersiapkan diri masing-masing untuk menghadapi tes psikologi pada saat seleksi penerimaan anggota Polri yang sesungguhnya,” pungkas kapolres. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!