Kalimantan Tengah

Di Hari Pernikahan, Gubernur Kalteng Diganjar Gelar Kehormatan Jawa

Palangkaraya, GK – Di hari bahagianya melangsungkan pernikahan dengan Yulistra Ivo Azhari , Gubernur Kalimantan Tengah diganjar pula dengan gelar kehormatan Kesultanan Jawa. Tak tanggung tanggung, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mendapat gelar dari Kraton Pakualaman Yogyakarta,  dengan nama “Kanjeng Raden Tumenggung Hario Sugianto Sabran Sri Lintang Noto Projo”. Artinya adalah seorang pemimpin yang memiliki sifat mengayomi dan melestarikan adat budaya dengan baik.

Pemberian gelar atau penobatan ini sendiri dilakukan beberapa waktu sebelum pasangan tersebut melakukan prosesi ijab Kabul pada Kamis (25/01/2018) di aula Istana Isen Mulang. Pemberian gelar ini dilakukan langsung oleh pihak dalem Pakualaman sebagai wujud penghormatan kepada Gubernur Kalimantan Tengah.Selain Gubernur Sugianto Sabran , yang mendapatkan gelar, mempelai wanitapun pada saat yang sama juga diganjar dengan gelar kehormatan Dayak sebagai wujud penerimaan warga Dayak . Mempelai perempuan yakni  Yulistra Ivo Azhari mendapatkan gelar Nyai Rantian Intan dengan ditandai dengan penyerahan barang adat Sangku dan kalung Lilis Lamiyang.

“Yulistra Ivo Azhari diberikan gelar Nyai Rantian Intan” jelas panitia.

Prosesi dan ritual pemberian gelar ini dilangsungkan di Istana Isen Mulang yang pada hari pernikahan Sang Gubernur berubah menjadi pelaminan mewah yang bernuansa kultural Jawa dan Dayak.

Pemberian gelar ini dilakukan sekitar pukul 8.00 Waktu Indonesia Barat yang sebelumnya telah dilakukan prosesi penyambutan mempelai dengan tarian Lawang Sekepeng dilanjutkan penyambutan pihak laki laki oleh pihak perempuan didampingi prosesi kembang Mayang. Sementara Pasangan Sugianto Sabran dan Yulistra Ivo menjalani prosesi Ijab Kabul   pukul 9.30 menit dengan dipimpin oleh penghulu dan pembacaan ayat Suci al Quran dan pidato singkat dari pihak keluarga. (sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!