HEADLINEPalangka Raya

Wali Kota Serahkan Penghargaan Adiwiyata

SERAHKAN PIAGAM : Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia memberikan penghargaan Adiwiyata kepada Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya.

PALANGKA RAYA,GK-Dalam meningkatkan koordinasi sekaligus sebagai bentuk kegiatan rutin bersama setiap bulan pada tanggal 17, maka Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, selalu menggelar upacara gabungan TNI, POLRI, ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Palangka Raya.
Seperti pada Rabu (16/1), bertempat di halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya, digelar upacara gabungan, yang dihadiri langsung Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia bersama wakilnya Mofit Saptono Subagio, Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Czi Chandra Adibrata, Wakapolres Kompol Bronto Budiyono dan seluruh jajaran pejabat maupun ASN di lingkup pemerintah kota setempat
Dalam upacara gabungan itu, bertindak sebagai Inspektur upacara adalah Wakil Wali Kota, Mofit Saptono Subagio.
Usai upacara itu, Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia mengatakan, kegiatan upacara gabungan merupakan hal rutin digelar setiap tanggal 17 disetiap bulan. Langkah itu untuk meningkatkan silahturahmi sekaligus koordinasi antara pemko dan jajaran instansi lain, baik TNI atau Polri.
”Ini upacara rutin untuk menumbuhkan kekompaakan bersama TNI, Polri dan pemko” ujarnya.
Riban mengatakan dalam kegiatan itu pula, disampaikan penghargaan bagi sekolah Adiwiyata di tingkat Kota Palangka Raya. Harapannya agar mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Hingga setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan sehat dan menghindari dampak lingkungan negatif.
Lebih lanjut, Riban menyebutkan dengan hal itu menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.
“Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma kebersamaan, keterbukaan, kejujuran, keadilan, dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan sumber daya alam. Diharapkan perserta anak dididik di lingkungan sekolah bisa membawa nilai-nilai itu ke keluarga dan dapat menyebar ke sekolah lain,” tutur wali kota Palangka Raya dua periode ini.
Menurut Riban, dengan langkah itu dapat meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya, meningkatkan penghematan sumber daya dan energi, meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah dan menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
Selain itu, meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang, sehingga menjadi tepat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar.
“ Saya inginnya langkah ini jadi pembelajaran dan menambah ilmu pengetahuan kita sejak usia dini, sehingga dapat dipertahankan, agar bersih tidak hanya fisik, tetapi mental dan batin. Agar bisa bermanfaat besar bagi kehidupan pribadi dan berbangsa,” pungkas Riban.
Sementara usai upcara tersebut, Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia memberikan penghargaan Adiwiyata kepada sekolah yang dinilai mampu wujudkan sekolahnya berwawasan Adiwiyata yang didukung dengan kemampuan sekolah menerapkan wawasan lingkungan dan kantin sekolah yang sehat.
Dalam kesempatan itu, SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya berhasil memperoleh penghargaan dari wali kota sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Kota Palang Raya dan kantin sekolah sehat dari BPOM.(krn/sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!