HEADLINEKatingan

Kegiatan Job Fair Selanjutnya Akan Undang Lebih Banyak Perusahaan

“Kedepannya kita akan kembali merangkul perusahaan lebih banyak, sehingga tujuan dari pemerintah daerah untuk mengurangi angka kemiskinan bisa terealiasi melalui program job fair yang dilakukan seperti saat ini,”Harapnya.

Kasongan – Dinas Perindustrian, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disperintrasker) Kabupaten Katingan selama kurun waktu tiga hari melaksanakan kegiatan job fair atau bursa kerja, dimana dalam kegiatan ini mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja.

Dari hasil penjaringan para pencari kerja pada kegiatan job fair itu, sebanyak 159 lamaran telah masuk ke perusahan-perusahaan yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Dinas Perindustrian, Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disperintrasker) Hariawan, rabu (30/11/2022) kemarin, mengatakan bahwa jumlah lamaran yang pertama ada sebanyak sekitar 450an pelamar, namun yang masuh hanya 159.

Tidak masuknya jumlah pelamar sebanyak 450 an orang tesebut jelas Hariawan, dikarenakan banyak tenaga kerja pemanen buah kelapa sawit yang dibutuhkan oleh perusahaan.

“Yang paling mendominasi saat kegiatan job fair ini dari peruasahaan perkebunan kelapa sawit yaitu dibutuhkan tenaga pemanen, namun yang hadir disini rata-rata golongan mahasiswa yang baru lulus serta para anak SMA,”Terangnya.

Kemudian Hariwan juga menyebutkan, pada pelaksaaan job fair ini ada salah satu perusaaan yang menyeleksi pelamar dengan kualifikasi yang cukup ketat yaitu PT. Seal yang bergerak di bidang pertambangan.

“Tenaga kerja yang dibutuhkan oleh PT. Seal yaitu supir dump truck yang besar serta alat-alat berat lainnya, sehingga banyak pelamar yang tidak ada skill di bidang yang dibutuhkan namun ada dua pelamar yang diterima berkasnya yaitu dibagian ahli perminyakan,”Imbuhnya.

Lanjutnya meskipun serapan tenaga kerja hanya di angka 159, menurut Hariawan dengan adanya kegiatan ini sudah bisa membuka lowongan untuk masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.

Sehingga Ia menyebutkan, untuk kegiatan yang sama di tahun yang akan datang akan bisa melalukan koordinasi yang lebih baik kepada perusahaan-peruasahaan yang membutuhkan tenaga kerja, sehingga akan bisa menyerap tenaga kerja lokal lebih banyak.

“Kedepannya kita akan kembali merangkul perusahaan lebih banyak, sehingga tujuan dari pemerintah daerah untuk mengurangi angka kemiskinan bisa terealiasi melalui program job fair yang dilakukan seperti saat ini,”Harapnya.

(tri)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!