DPRD Kotawaringin TimurKotawaringin Timur

Kualitas SDM Guru Perlu Dipertajam, Ini Komentar Ketua Komisi I

SAMPIT, Gerakkalteng.com – Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Handoyo J Wibowo meminta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan kembali Sumber daya Manusia (SDM) tenaga didik di Kotawaringin Timur ini.

Menurutnya hal itu perlu dikembangkan agar SDM tenaga didik bisa lebih mumpuni, dan pendidikan yang didapatkan anak didik disekolah pun menjadi lebih berkualitas. “Perlu diketahui guru merupakan salah satu unsur terpenting dalam pendidikan. Baik buruknya kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh standar kualitas guru,” ungkapnya Kamis (8/2).

Selain itu Handoyo juga menambahkan,dalam meningkatkan kompetensinya hak seorang guru juga tercantum dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru . Dalam UU tersebut, ada empat kompetensi yang harus dipenuhi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial.

“Mentalitas guru harus mencerminkan tingginya kreatifitas dan berdaya cipta ditunjang sikap-sikap profesional yang mengedepankan kualitas kerjanya sebagai ahli didik,” timpalnya.

Bahkan menurutnya ketidak mampuan dalam mengelola stamina mental akan berakibat tumbuhnya sikap apatis yang berujung menurunnya kinerja. Hal tersebut tentu sangat merugikan anak didik.

“Untuk itu, membangun pendidikan anak ibarat, orang tua yang menanamkan investasi jangka panjang. Hasilnya tidak didapatkan pada hari itu juga, akan tetapi diperoleh kemudian,” tutupnya.(So)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *