Palangka Raya

BLK Wadah Kurangi Pengangguran

PALANGKA RAYA,GK-Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota, terus berupaya menekan angka pengangguran. Baik melalui membuka lapangan perkerjaan dan menggelar latihan. Salah satu langkah konkret itu melalui Balai Latihan Kerja (BLH).
BLH menjadi salah satu bagian dari upaya membantu mengurangi pengangguran di Palangka Raya,jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota, Said Sulaiman,kemarin
Bahkan menuirut Said, pada tahun 2018 ini Disnaker kota akan membuka puluhan kesempatan pelatihan secara gratis diberikan kepada seluruh warga. Baik tanpa ijazah maupun telah memiliki ijazah asalkan bisa baca dan tulis. Pelatihan gratis tersebut kata dia, akan menggunakan anggaran APBD dan APBN dengan rincian, 11 paket latihan bersumber dari anggaran APBD dan dari APBN terdapat 34 paket. Latihan itu berupa pelatihan tata rias, masak, bengkel, bangunan hingga furniture. Termasuk las dan lain-lain.
“Gratis, silahkan datang dan daftar ke Disnaker untuk ikut latihan. Nantinya akan diajarkan beberapa hal oleh tim ahli kami, misalkan otomotif maka akan diberikan latihan otomotif, lalu tata rias atau hal lainnya maka akan dijelaskan sesuai latihan yang diinginkan semuanya akan dilakukan melalui BLK,”ungkapnya,Kamis (01/03).
Said mengatakan pembukaan latihan tersebut merupakan salah satu langkah untuk menekan angka pengangguran, termasuk membuka usaha baru usai menjalani latihan. Namun tidak memberikan modal usaha usai peserta menjalani pelatihan itu.
“Kita hanya berikan latihan, tetapi kalau permodalan mohon maaf belum ada, belum ada anggaran tentang hal itu. Jadi modal cari sendiri,”ujarnya.
Lebih lanjut, Said menyebut BLK dibawah binaan Disnaker terus membuka peluang bagi warga Palangka Raya untuk bisa terampil dalam berbagai bidang keahlian. Warga yang telah ditempa pendidikan dan keterampilan, seharusnya dapat dimanfaatkan oleh dinas-dinas terkait dalam berbagai keperluan maupun kebutuhan.
Bagi Said, keberadaan BLK ini tidak lain bertujuan untuk mendorong percepatan pengurangan angka pengangguran, termasuk dalam rangka pengentasan kemiskinan.
“Hal ini juga secara tidak langsung sebagai upaya peningkatan ekonomi kerakyatan, maupun sebagai wadah bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM),”cetusnya lagi.
Ditambahkan Said, upaya Disnaker selama ini membuka BLK mampu membantu warga masyarakat dalam mendapatkan keterampilan sebelum mereka mendapatkan pekerjaan. Secara kualitas keterampilan yang didapat dari BLK tidak diragukan lagi, tinggal bagaimana para lulusan BLK ini mendapatkan kesempatan mempraktekan kemampuan bekerja mereka ini.VS

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!