HeadlineKalimantan Tengah

Gubernur dan Ketua TP PKK – Dekranasda Kampanyekan Produk Khas Kalteng

PALANGKA RAYA, GERAK KALTENG –
Gubernur Kalteng Sugianto bersama Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kalteng, Yulistra Ivo Sugianto Sabran meninjau kegiatan Gelar Karya Kalteng dan didampingi sejumlah Kepala SOPD, di kawasan Pusat Pameran Temanggung Tilung, Sabtu (10/3) malam.

Selain melihat produk khas Kalteng, gubernur bersama istri juga melihat hasil kerajinan tangan dan membeli sejumlah kerajinan khas Kalteng untuk ditunjukkan kepada kegiatan nasional dan mengkampanyekan produk khas Dayak Kalteng.

Di sela kunjungannya, Gubernur menyatakan produk UMKM perlu dukungan permodalan, karena itu pihaknya siap membantu modal, dari berbagai sumber pendanaan.

Salah satu yang ingin dirintis menggunakan dana CSR, agar mereka tidak terlilit utang di Bank. Namun dana yang dikucurkan itu harus dikembalikan oleh pelaku usaha, agar bisa digulirkan kepada yang lainnya.

Pada hampir setiap stand terutama produk kerajinan khas Dayak, Gubernur membeli dalam jumlah banyak hasil karya warga binaan baij itu kerajinan tangan berupa makanan ringan maupun asesoris lainya, untuk dikonsumsi di rumah dan untuk tamu di istana.

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Dekranasda Kalteng, Yulistra Ivo Sugianto Sabran mengatakan pihak akan berperan lebih dalam membina UMKM.

Kegiatan pameran itu menjadi bahan evaluasi PKK dan Dekranasda Kalteng untuk lebih fokus membantu perkembangan produk yang dihasilkan termasuk pemasarannya.

Tentu melalui event ini akan “kita evaliluasi dan menjadi bahan masukan untuk pengembangan berikutnya”, papar Ivo. Seraya menyatan produk Kalteng sudah layak masuk pasar global dan internasional, sebab unik, berkualitas dan bernilai tinggi. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *