Gunung MasHEADLINE

Musrenbang Kecamatan Jadi Program Prioritas

KUALA KURUN,GERAKKALTENG.COM – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menyelenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kabupaten di aula Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Gunung Mas, Selasa (20/3/2018).

Musrenbang Kabupaten ini mengambil tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2019.
“Lanjudkan dan Mantapkan Pembangunan di Berbagai Sektor Dengan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Peningkatan Ekonomi Masyarakat Serta Aksesibilitas Dalam Pencapain Kesejahteraan Masyarakat Gunung Mas”.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Bupati Gunung Mas, Arthon S. Dohong dan dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, SOPD seluruh Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Delegasi dari masing-masing Kecamatan sesuai hasil Musrenbang tingkat kecamatan, Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama.

Bupati Arthon S Dohong mengatakan
Musrenbang Kecamatan se kabupaten Gunung Mas telah dilaksanakan pada minggu II dan minggu ke III bulan Februari yang lalu.

Beberapa hal hasil dari Musrenbang Kecamatan tersebut ialah program kegiatan prioritas masing-masing kecamatan yang merupakan prioritas program kegiatan Desa/Kelurahan yang telah dibahas bersama, sehingga menjadi prioritas program kegiatan kecamatan.

Salah satu proses pengambilan keputusan secara partisifatif dalam kebijakan daerah yakni Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten yaitu rencana strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan 3 Pilar Pemerintah Daerah (Eksekitif, Legislatif dan masyarakat atau kalangan Swasta/Dunia usaha0 terangnya.

Harapan Bupati Arton mudah-mudahan dengan terlaksananya Musrenbang ini seluruh stakeholder yang berkepentingan diharapkan
kiranya bisa saling mendukung dan saling membantu dalam menjalankan tugas dan berbagai Kebijakan di Daerah. “Demi peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan kemajuan Daerah yang kita cintai ini pada masa-masa yang akan datang,” ujarnya.

Sementara, Ketua Panitia sekaligus Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Gunung Mas Drs. Salampak, M.Si mengatakan

Musrenbang ini bertujuan untuk penyelarasan progaram dan kegiatan susuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang kecamatan.

Penajaman indikator dan target kinerja program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat Daerah.
Penyelarasan program dan kegiatan antar perangkat Daerah dalam rangka sinergi pelaksanaan dan optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah.

Penyesuai pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah. (Hri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!