Katingan

PLTS Rusak,Desa Tumbang Kanei Gelap Gulita 

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM – Sejak awal Januari 2018 hingga akhir Maret 2018 ini Desa Tumbang Kanei Kecamatan Sanaman Mantikei Kabupaten Katingan gelap gulita.

Hal itu disebabkan, pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terpusat di desa mengalami kerusakan dan tidak kunjung diperbaiki.

“Sejak januari lalu keadaan desa mejadi gelap gulita bila malam hari, karena PLTS yang ada rusak,” kata Kepala Desa Tumbang Kanei, Ruji Yanto, Selasa (27/3/2018).

Menurutnya, PLTS terpusat di desanya itu mulai berdiri dan berfungsi pada awal tahun 2012 lalu. Awalnya PLTS terpusat mampu menerangi 70 rumah warga.

Kemudian, ada penambahan sehingga PLTS, sehingga mampu menerangi 80 rumah warga, belum termasuk lampu penerangan jalan. Namun, di tahun 2017 PLTS mulai ada gangguan, dan saat ini keadaan di desa Tumbang Kanei listrik mati total.

Selaku Kepala desa mewakili masyarakatnya, dirinya berharap agar pemerintah Kabupaten Katingan dapat membantu memperbaiki PLTS yang rusak tersebut

Kerusakan yang dialami yakni akibat sebagian besar aki PLTS sebanyak 48 buah tersbeut sudah rusak.

“Kemungkinan kerusakan aki PLTS tersebut rusak karena sudah cukup lama atau termakan usia,”Sebutnya

Ruji Yanto menambahkan, bahwa pihaknya sudah menyampaikan secara lisan permasalahan PLTS kepada pemerintah daerah melalui Bagian Sumber Daya Alam (SDA), karena PLTS itu merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

“Kami bermohon agar permasalahan PLTS yang tidak berfungsi di desa kami diperhatikan pemerintah daerah,” pungkasnya(Tri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!