Kalimantan TengahKalteng Harati

SMA/SMK se Kalteng 95 Persen Siap Hadapi UNBK

PALANGKA RAYA, GERAK KALTENG –
Persiapan menjelang menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) April mendatang, sampai saat ini persiapan UNBK SMA/SMK se Kalteng sudah mencapai 95 persen, tinggal sedikit pembenahan sarana dan prasarana.

Patut disyukuri ujian nasional saat ini Kalteng menggunakan komputerisasi, karena sistem komputer ini guna meningkatkan mutu pendidikan, sehingga kualitasnya tidak kalah dengan sekolah di pulau jawa.

“Dengan menggunakan UNBK ini, setidaknya kita dapat mengetahui dimana kekurangan dan kelebihannya sekokah kita, sehingga dapat terus menerus di lakukan perbaikan-perbaikan guna meningkatkan mutu maupun kualitas pendidikan, ” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Dr H. Slamet Winaryo, M. Si kepada gerakkalteng. Com di ruang kerjanya, Kamis (8/2/2018).

Lebih lanjut dikatakannya, secara regional Kalimantan hanya ada dua daerah yang siap melaksanakan UNBK yakni Provinsi Kalteng dan Provinsi Kaltara, sementara untuk Kalsel, Kaltim dan Kalbar belum tuntas.

Terkait kesiapan perangkat komputer, Gubernur Kalteng melalui Dinas Pendidikan akan menyediakannya secara bertahap. Sementara ini perangkat komputer masih didukung dengan cara saling meminjam antara siswa, guru dengan orangtua siswa saling membantu. Pihak Dinas Pendidikan hanya menyediakan tenaga teknis.

Namun demikian, ini sifatnya hanya sementara saja. Kedepan Pemerintah Provinsi akan memikirkan menyiapkan parangkat komputer secara keseluruhan menyesuaikan dengan kemampuan anggaran pemerintah.

“Dinas Pendidikan juga telah melakukan sosialisasi dan simulasi UNBK ke kabupaten/kota, jadi tidak ada masalah dan diharapkan ini akan berjalan dengan lancar sehingga para siswa dapat mengikuti UNBK dengan baik,” ujarnya. (Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *