Palangka Raya

Banjir Rendam Puluhan Rumah Warga Pahandut Seberang

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Hujan deras yang melanda wilayah kota Palangka Raya dalam beberapa hari terakhir menimbulkan, terjadinya luapan air Sungai Kahayan.

Akibat tingginya luapan air sungai, membuat puluhan rumah warga yang dekat dengan bantaran sungai terendam banjir.
Seperti di Kelurahan Pahandut Seberang Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, sedikitnya ada 44 rumah warga harus terendam banjir .

“Untuk sementara ini berdasarkan laporan tercatat 44 buah rumah di Pahandut Seberang terendam banjir. Jumlah rumah sebanyak itu terdiri atas 155 jiwa,”ungkap Lurah Pahandut Seberang, Balap, Minggu siang (29/4/2018), saat memantau kondisi banjir bersama perangkat kelurahannya.

Menurut Balap, ketinggian air terjadi bervariasi di kawasan pemukiman warga, ada yang hanya mencapai antara 50 cm hingga hingga sampai lutut orang dewasa. Ketinggian aliran air hingga masuk kerumah warga.

“Yang banyak terdampak banjir akibat luapan air Sungai Kahayan adalah RT 04 RW II lokasi di Jalan Cemara Labat Pahandut Seberang,”ujar Balap lagi.

Dikatakan, banyaknya rumah warga yang terkena banjir tersebut membuat warga sebagian terpaksa harus mengungsi ke rumah keluarga dan handai taulan.

“Berdasarkan informasi, baru pertama kali ini luapan air sungai masuk kekawasan pemukiman. Padahal tahun-tahun sebelumnya, ketinggian air belum bisa merembes ke rumah warga,”sebut Balap.

Saat ini lanjut dia, pihak kelurahan terus melakukan pendataan, termasuk melakukan koordinasi dengan BPBD Kota Palangka Raya untuk membuka posko serta tenda-tenda evakuasi maupun tenda kesehatan.

“Ada dua titik jalan menuju kawasan pemukiman yang sudah tertutup genangan air. Akan tetapi masih ada jalan alternatif lain yang tidak tertutup. Kita imbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada, jangan sampai ada jatuh korban jiwa,”imbaunya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *