Kapuas

Duta Baca Figur Gerakan Gemar Membaca

Salam Literasi – Pelaksana Harian Bupati Kapuas Rianova SH foto bersama Perwakilan Forkompimda, DPRD, SOPD Kabupaten Kapuas, Juri dan Peserta Duta Baca beri salam literasi (ibu jari dan telunjuk bentuk huruf L) wujud dukungan atas peningkatan kemampuan individu melalui literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia, di Citi Mall Kuala Kapuas, (28/4) malam.

KUALA KAPUAS,GERAKKALTENG.COM–Pelaksana Harian Bupati Kapus Rianova menerangkan bahwa Duta Baca akan menjadi figure dan motifator dalam memperkuat gerakan gemar membaca , pada Grand Final Pemilihan Duta Baca Kabupaten Kapuas tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas,  dihadiri langsung oleh Plh Bupati Kapuas Rianova di Citi Mall Kuala Kapuas,  (28/4) malam.

Selain membuka secara resmi kegiatan tersebut Plh Bupati Kapuas itu juga menyerahkan hadiah kepada pemenang pertama, yang sekaligus menjadi Duta Baca Kabupaten Kapuas atas nama Hasanatul Munawarah. Ia menyampaikan bahwa sesuai survey yang ada untuk minat baca memang masih rendah.

“Oleh karena itu untuk meningkatkan minat baca tidak hanya dari segi infrastruktur dalam bentuk perpustakaan, koleksi buku ataupun mobil perpustakaan keliling tapi juga bagaimana sejak dinimengajarkan anak membaca sehingga bisa menjadi karakter kebudayaan membaca,” ucapnya.

Lebih lanjut Ia juga menyampaikan apresiasi serta dukungan untuk meningkatkan minat baca yang salah satunya dengan terlaksana kegiatan pemilihan Duta Baca yang mana diharapkan kegiatan seperti itu dapat terus berlanjut setiap tahunnya.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas Hj Nor Apiati menjelaskan bahwa tema yang diambil pada malam itu adalah Dengan Membaca Habislah Gelap Terbitlah Terang, yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 25 sampai dengan malam itu dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 34 orang. Ucapan terima kasih juga ia sampaikan secara langsung kepada semua pihak atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Panitia dan Dewan Juri adalah tenaga profesional dibidangnya dan tidak diragukan lagi kemampuan dan independensdinya. Mereka selama 4 hari mengawali tugasnya dengan menyeleksi berkas peserta, melakukan wawancara, pembekalan dan peserta melakukan sosialisasi, semua proses itu dilakukan penilaian.

Sedangkan dimalam grand final telah terpilih sebanyak 15 peserta terbaik diseleksi lagi mencari 7 dan akhirnya 3 terbaik oleh empat Tim Juri yakni Dra Hj Noorapiati MPd, Dr H Suwarno Muriyat SAg MPd, Sri Candra Nilawati SPd dan Sri Rahayu SPd” ucap Hj Noorapiati

Diakhir kegiatan Plh Bupati Kapuas melakukan foto bersama dengan pose salam literasi yang mana jari tangan membentuk huruf L, literasi sendiri adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dalam hidupnya dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia. (hmskmf/gk-sog)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *