HEADLINEKalimantan Tengah

Gebyar HPN Tahun 2018, Mulai Digelar Selama Satu Pekan

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM – Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional (HPN) Tahun 2018 di Kalteng, maka LPMP Kalteng menyelenggarakan rangkaian kegiatan Gebyar HPN Tahun 2018, dimana kegiatan ini juga serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, seturut dengan adanya instruksi Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Mendiknas RI), di Jakarta belum lama ini.

Pembukaan kegiatan Gebyar HPN 2018 ini, bertepatan dengan Hari Kartini, yakni hari Sabtu 21 April 2018 yang dihadiri, oleh kepala dan sejumlah pejabat di lingkungan LPMP,  UPT Balai Bahasa, dan UPT BP PAUD dan Dikmas, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng dan Kota Palangka Raya, beserta para tamu undangan lainnya, diselenggarakan di aula LPMP Provinsi Kalteng, Jl Tjilik Riwut Km 5,5 Kota Palangka Raya.

Gebyar HPN 2018 ini, diselenggarakan atas koordinasi LPMP Provinsi Kalteng, bekerjasama dengan UPT Balai Bahasa dan UPT BP PAUD dan Dikmas Kalteng, dengan mengambil tema  Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

Kepala LPMP Provinsi Kalteng Dra Hj Sukaryanti menyampaikan, bahwa berdasarkan instruksi dari Mendiknas RI, maka peringatan HPN 2018, secara bersamaan diselenggarakan dengan kegiatan Gebyar HPN Tahun 2018, selama satu pekan penuh, yakni dimulai dari hari Sabtu 21 sampai Jumat 27 April 2018.

“Ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan, meliputi bazar buku murah, pergelaran seni tradisional, gelar wicara/talkshow, lomba mewarnai dan menggambar, bioskop keliling (pemutaran film pendidikan), serta jalan sehat yang diikuti keluarga besar dari 3 (tiga), yakni LPMP Kalteng, UPT Balai Bahasa dan UPT BP PAUD dan Dikmas, serta keluarga Diknas Provinsi maupun Kota,,” kata Kepala LPMP selaku koordinator kegiatan ini, Sabtu (21/04) pagi.

Dra Hj Sukaryanti juga menyebutkan, melalui gebyar HPN 2018 ini, harapannya keakraban dan sinergitas antar UPT di Kalteng, dapat terus terjalin dan semakin meningkat.

Maksud, diselenggarakannya kegiatan ini juga, dapat mensinergikan program dari masing-masing UPT, guna menuju peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kalteng.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng Slamet Winaryo mengatakan,  selaku wakil dari pemerintah Provinsi, dirinya tidak lupa mengucapkan HPN 2018.

“Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tidak terlepas dari penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan berkualitas. Oleh karena itu, maka sangat penting adanya sebuah sinergitas dan kerjasama yang baik, antar pihak,” ucap Kadisdik Provinsi Kalteng.

Lebih Lanjut, Slamet juga mengutarakan, bahwa Kalteng patut bersyukur. Sebabnya, pada tahun 2018 ini, penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sudah mencapai 100 persen, bila dibandingkan sebelumnya di tahun 2017, yakni hanya sekitar 20 persen.

“Kendala belum tersedianya, sarana prasarana komputer, keterbatasan pasokan listrik di Kalteng, serta belum adanya jaringan internet yang merata, sekarang secara perlahan, sudah dapat teratasi,” jelas Slamet dihadapan para tamu undangan, pembukaan Gebyar HPN Tahun 2018.

Ia juga menambahkan, buktinya, penyelenggaraan UNBK tingkat SMA sederajat 100 persen, sudah menerapkan UNBK, dan semuanya sudah berjalan sebagaimana diharapkan.

Pada kesempatan tersebut, Kadisdik Provinsi Kalteng Slamet Winaryo, mewakili pemerintah Provinsi Kalteng, berkesempatan membuka kegiatan Gebyar HPN Tahun 2018, dengan ditandai dengan penabuhan genderang. (dhy/BK)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!