DPRD Katingan

Jangan Lupa Kodrat Sebagai Perempuan

Segera Usulkan Raperda Kesetaraan Gender

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM – Dewasa ini kalangan perempuan diberikan keleluasaan dan hak yang sama dengan kaum adam. Contohnya dalam terjun sebagai seorang politikus. Meskipun begitu, kodratnya sebagai seorang isteri sekaligus ibu rumah tangga jangan sampai dilupakan begitu saja.

Seperti yang tergambar pada Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan Endang Susilawatie. Masih dalam suasana peringatan Hari Kartini tahun 2018, dirinya coba memberikan dorongan kepada kaum perempuan agar tetap berkarir tanpa harus mengorbankan kepentingan keluarga.

“Misalkan laki-laki bisa menuntut ilmu sampai keperguruan tinggi, maka perempuan pun begitu. Apabila lelaki bisa menjadi kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), maka perempuan juga bisa. Termasuk juga menjadi kepala daerah maupun pimpinan di di lembaga legislatif,” ungkapnya usai pimpin paripurna, belum lama ini.

Meski diberikan amanah kedudukan sebagai wakil rakyat, pimpinan bank, maupun direktur perusahaan yang menyita banyak waktu sekali pun, tapi kaum perempuan tetap dituntut mengutamakan kesejahteraan keluarga.

“Contohnya jangan sekali-kali melupakan posisinya sebagai ibu rumah tangga apabila sudah menikah. Memang hak perempuan dan laki-laki sudah sama, tapi sebagai seorang perempuan tetap harus menyadari kodrat kita,” imbuhnya.

Terkait persamaan hak dimaksud, dalam waktu yang tidak lama lagi dirinya berjanji bakal menggajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kesetaraan Gender.

“Hadirnya prodak hukum daerah tersebut diharapkan menjadi jaminan terhadap regulasi kesetaraan hak masyarakat Kabupaten Katingan ke depan,” katanya.

Menurutnya, sejauh ini upaya tersebut masih berkutat dengan proses pengkajian bersama jajaran akademisi di Universitas Palangka Raya (UPR). Salah satu poin di dalam Raperda tersebut, yakni bakal mengatur beberapa hal yang berkaitan persamaan hak perempuan dan laki-laki.

Secara nasional, kebijakan kuota sebanyak 30 persen keterwakilan kaum perempuan dalam Pemilihan Anggota Legislatif sangat disambut positif. Hal itu merupakan salah satu peluang bagi kaum hawa untuk terjun di dunia politik.

“Contohnya adalah kedudukan komposisi anggota DPRD Katingan, dari 25 orang terdapat enam wakil rakyat yang merupakan perempuan saat ini,” sebutnya.

Kesimpulannya, keterwakilan kaum hawa yang menduduki kursi DPRD Kabupaten Katingan saat ini sudah mencapai 30 persen, yakni Dahlia dari Partai Golkar, Realita asal Partai NasDem, dan Wiwik Aulora dari Partai Hanura.

“Ditambah lagi dua orang Pengganti Antar Waktu (PAW), yakni Hj Rusdiana dan Sunartie Duwel Rawing. Jadi total ada enam perempuan di DPRD Katingan, semoga saja keberadaan kami ini bisa berarti banyak terhadap berbagai kepentingan kaum perempuam ke depan,” pungkasnya. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *