DPRD Kota Palangka Raya

Masyarakat Diminta Manfaatkan dengan baik Program PTSL

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan untuk menuntaskan program nasional pendaftaran tanah sistematik lengkap (PTSL) di tahun 2018 dengan melakukan pendataan terhadap 140.000 bidang tanah.
Untuk Kota Palangka Raya itu sendiri BPN setempat akan menuntaskan program PTSL dengan target sebanyak 15.000 bidang tanah.
Menurut anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya, Diu Husaini, adanya program PTSL tersebut, perlu dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya bagi masyarakat pemilik lahan, namun lahannya belum memiliki sertifikat.
“Program pemerintah pusat ini dulunya dinamakan prona diganti dengan istilah PTSL. Kita menyambut baik program ini, maka itu harus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,”ungkap Diu, Kamis (26/4/2018).
Menurutnya kenapa program tersebut harus dimanfaatkan, sebab bisa saja program ini ditahun berikutnya tidak diadakan lagi. Terlebih sejak program mulai dilakukan sejak tahun 2017, hasilnya menunjukan banyak masyarakat memiliki tanah yang sudah bersertifikat.
“Program ini kan sangat membantu, sebab memudahkan masyarakat dalam membuat sertifikat. Terlebih semuanya dilayani secara gratis,”tuturnya.
Lebih lanjut politisi partai Hanura ini mengatakan, banyak masyarakat yang belum bisa memiliki sertifikat tanah, yakni dengan alasan tidak ada biaya.Karena itulah peluang besar program PTSL akan membantu memecahkan masalah yang dihadapi tersebut
Pun demikian sambung Diu, agar program PTSL yang ditargetkan dapat tercapai, maka pihak BPN maupun pihak kecamatan dan kelurahan, dapat terus mensosialisasikan, sehingga semua masyarakat tahu program yang telah digelontorkan oleh pemerintah pusat itu.
“Program ini kan berlaku untuk semua golongan masyarakat. Jadi semuan harus berkomitmen agar program ini jangan sampai ternodai untuk kepentingan yang salah,”tutupnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *