Palangka Raya

Pasar Ramadan Palangka Raya Terbagi di Empat Lokasi

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, kembali akan menyediakan lapak -lapak untuk para pedagang berjualan pada pasar Ramadan. Direncanakan pasar Ramadan yang dikelola oleh lembaga kemasyarakatan kelurahan (LKK) akan terbagi dalam 4 titik.
Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban usai rapat pembahasan lokasi pasar wadai Ramadan, Rabu (25/4) di ruang Peteng karuhei (PK) I Kantor Wali Kota Palangka Raya.
Disebutkan ke empat lokasi yang akan dijadikan pasar wadai Ramadan itu, sama dengan pasar ramadan tahun sebelumnya. Yakni Jalan RA Kartini, Pasar Kahayan, Pasar Rajawali dan di depan Masjid Salahudin
“Namun demikian, jumlah lokasi pasar wadai Ramadan bisa saja akan bertambah dengan melihat kondisi kebutuhan dan daya beli masyarakat ,” ungkap Aratuni
Meski tidak merincikan seberapa banyak lapak-lapak yang disediakan pada setiap lokasi pasar wadai tersebut, namun lokasi pasar itu tersebar pada kawasan Kelurahan Langkai, Kelurahan Menteng dan Kelurahan Bukit Tunggal, dengan harapan bisa menjangkau seluruh kalangan masyarakat.
Lanjut Aratuni, adanya pasar wadai Ramadan, maka para pedagang yang akan mengisi lapak-lapak nantinya ditekankan, untuk tetap memperhatikan keamanan makanan serta harga jual sebagaimana hukum pasar.Termasuk jangan sampai ada terjadinya monopoli pasar.
“Kita tidak membatasi siapapun pedagang yang akan mengisi lapak-lapak yang disediakan pada setiap lokasi pasar. Dengan catatan, tetap rekoordinir dan dapat dipertanggungjawabkan,”ujarnya.
Dalam rapat yang dihadiri langsung Sekda Kota Palangka Raya Rojikinnor serta Plt Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setda Kota Palangka Raya, Anwar Sanusi Umar Gayo, juga dihadiri perwakilan para pedagang, serta kelompok usaha masyarakat kecil (KUMK).
Dalam arahannya pada rapat tersebut Sekda Kota Palangka Raya Rojikinnor mengatakan, kegiatan pasar Ramadan sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya digelar Pemerintah Kota Palangka Raya.
“Intinya pemerintah ingin selalu ada kesiapan lebih baik dalam menyambut ibadah puasa Ramadan, terutama dalam menempatkan area pasar wadai Ramadan tersebut,”tuturnya.
Menurutnya, saat ini Kota Palangka Raya terus berkembang terutama pemukiman penduduk, maka seiring dengan itu bisa saja lokasi pasar wadai Ramadan akan ditambah.
“Kita punya taman kuliner Tunggal Sanggomang. Nah, bisa saja dilokasi itu disediakan pula lapak-lapak pasar wadai Ramadan,”cetusnya.
Rojikinnor berharap masyarakat juga sama antusiasnya dengan pemko yang telah mempersiapkan keberadaan pasar Ramadan dalam setiap tahunnya.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *