Gunung Mas

Pemkab Gumas Peringati Hari Otonomi Daerah Ke-XXII

KUALAKURUN, GERAKKALTENG.COM – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) menggelar kegiatan Apel Bersama dalam rangka memperingati hari Otonomi Daerah ke – XXII yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Senin, (30/4/2018).

Seyogyanya angenda tersebut dilaksanakan hari Rabu (25/4/2018), namun keadaan alam yang tidak memungkinkan maka kegiatannya dilaksanakan hari ini. Kegiatan Apel tersebut tidak ada pengibaran bendera, mengingat pada bulan Mei nanti akan diadakan upacara bendera dalam rangka Seremonial memperingati Hari Pendidikan Nasional ada 2 Mei  tahun 2018.

Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Gunung Mas, Drs. Ambo Jabar, M.Si mewakili Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong, mengatakan bahwa penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis artinya bukan hanya mengharuskan daerah-dearah menjalankan kewenangan otonomi daerah berlandaskan kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih merupakan bagian yang sangat penting dari sebuah proses demokrasi. Karena hal ini menjadi syarat mutlak bagi pembangunan yang menyeluruh dan berimbang.

Lanjutnya, Pemerintah sepenuhnya menyadari inovasi daerah di satu sisi merupakan peluang bagi deerah untuk berkreativitas dan berkarya, melahirkan ide dan gagasan dalam rangka menciptakan torbosan baru untuk mendukung peningkatan kinerja Pemerintahan Daerah. Namun di sisi lain, inovasi daerah dapat pula berpotensi menyebabkan terjadinya penyalahgunaan wewenang.

Pada kesempatan ini, saya juga mengingatkan bahwa pada tahun 2018 ada dua peristiwa besar dan penting yang akan kita gelar dan laksanakan. Pertama bagian dari angeda politik nasional yaitu penyelenggaraan Pemilihan Kepala Derah (Pilkada) Serentak 2018 pada 27 juni 2018 di 171 daerah yang terdiri dari 17 provinsi, 115 Kabupaten dan 39 kota.

“Peristiwa penting yang kedua adalah gelaran Asian Games Ke-18 pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang, serta beberapa tempat sebagian tuan rumah pendukung seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten”, terangnya.

Menurutnya, sepanjang Asian Games, mata seluruh Asia bahkan Dunia akan berpaling ke Indonesia. Untuk itu, Pemerintah mohon doa dan dukungan seluruh rakyat Indonesia agar event besar ini berlangsung lancar dan sukses,” urai Ambo Jabar. (hri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *