Gunung MasHEADLINE

PMTB Pacu Investasi Untuk Pertumbuhan dan Pemerataan

KUALA KURUN, GERAKKALTENG.COM – Rapat Koordinasi Penyususnan Disagregasi Usaha yang digagas oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gunung Mas, dijelaskan bahwa Dalam pembentukan Modal Tetap Bruto(PMTB) sebagai penambahan dan penguarangan aset tetap pada suatu unit produksi, Selain itu PMTB juga sebagai pemacu investasi untuk pertumbuhan dan pemerataan ekonomi.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten II bidang Prekonomian Setda Kabupaten Gunung Mas, Ir. Yohanes Tuah, SE di dampingi Kabid Perencanaan dan Penganggaran BP3D, Tika Tatariano, S.Hut., Mp. Senin (09/04/2018).

Ir. Yohanes mengatakan dalam pengumpulan data harus akurat, dan dalam hal ini yang sangat diperioritaskan terutama di sektor pendidikan, kesehatan, perumahan dan pemukiman, ketahan energi ketahanan pangan, penanggulangan kemiskinan, infrastruktur konektivitas dan kemaritiman, pembangunan wilayah dan politik, hukum, pertahanan, dan keamanan.

Dalam mengumpulkan data ini diharapkan agar seakurat mungkin, sebenar-benarnya dan tidak dikurang lebihkan demi mempermudah dalam mempertanggungjawabkan dan sesuai fakta data yang rill.

Sementara, Kepala BPS Kabupaten Gunung Mas Drs.Waras menambahkan, Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) yang sering disebut sebagai investasi fisik merupakan salah satu instrumen penggerak perekonomian. Inventasi telah menjadi tumpuan ekonomi wilayah disamping konsumsi rumah tangga.

Investasi atau PMTB memiliki peran penting dalam produk Domestik Regional Bruto(PDRB) Kabupaten Gunung Mas pada tahun 2016, bahkan sampai mencapai 45,50% terhadap total PDRB kalimantan tengah 2016.
Data PMTB juga dimanfaatkan sebagai pembentukan indikator ICOR/rasio efisiensi investasi.

Tujuan dan manfaat Disagregasi PMTB ini, pertama memudah dan dalam perincian data berdasarkan institusi/lapangan usahadan jenis Komoditi. Sebagai bahan dalam menyusun perencanaan pembangunan seperti kebijakan investasi dan determinasi penguatan sektor industri.

Kemudian, memperoleh indikator untuk perhitungan usia pakai menurut jenis komoditas dan industri. Memperoleh data propulasi beberapa jenis komoditas yang menjadi PMTB menurut wilayah/regional. Sebagai alat yang cukup handal untuk mengevaluasi dan mengukur kontribusi investor dalam capaian pembangunan secara periodik. Dan terakhir bermanfaat untuk menjadi sumber data dalam perhitungan stok capital menurut lapangan usaha.

Drs.Waras berharap dalam melakukan penyususnan survei Disagregasi PMTB tahun 2018 , agar peran penting dari SDM turut aktif dalam memberikan masukan pendapat dan bantuan data sehingga kegiatan survei penyusunan Disagregasi PMTB tahun 2018 dapat dilaksanakan dengan baik. Sehingga pada akhirnya keakuratan data yang disajikan ke publik merupakan data rill dan dapat dipertanggungjawabkan, ujarnya. (Hri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!