DPRD Kota Palangka Raya

TP PKK Perlu Jembatani Pelaku Usaha Kecil

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Anggota Komisi A DPRD Kota Palangka Raya mendorong Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) setempat, untuk dapat melakukan pembinaan dan pengembangan usaha-usaha kerajinan dari masyarakat yang tergolong kecil.
“Saya pikir ini bagian dari kinerja TP PKK untuk membantu peningkatan pendapatan keluarga, terutama dari sektor usaha kerajinan warga yang tergolong kecil,”ungkapnya,Minggu, (22/4/2018).
Menurutnya, banyak usaha-usaha kerajinan yang dilakukan warga, luput dari perhatian pemerintah termasuk dari TP PKK yang semestinya dapat menjadi penggerak perekonomian masyarakat.
Usaha kecil itu, seperti kerajinan membuat seni ukir, pernak pernik, anyam-anyaman dan lain sebagainya yang bernuansakan kearifan lokal.
“Biasanya kerajinan yang dilakukan warga tergolong kecil dan minim peralatan. Nah, disini perlu bantuan maupun dukungan peralatan hingga pemasaran,”cetus Diu.
TP PKK lanjut dia, semestinmya dapat melihat peluang dilakukan warga yang menggeluti usaha kerajinan tersebut. Caranya dengan merangkul dan memberikan bantuan, bahkan bila berkembang bisa dilibatkan dalam berbagai event pemasaran.
Terlebih, sejauh ini peran usaha kerajinan yang dilakukan warga masih kurang berperan nyata. Kebanyakan warga selaku pelaku usahanya bergerak sendiri dalam hal pemasaran. Padahal bila dilihat, hasil usaha kerajinan yang dilakukan cukup memiliki daya tarik.
“Bila dicermati, banyak dalam sebuah keluarga yang memili keahlian membuat kerajinan tangan menjadi sebuah usaha. Mereka memasakan sendiri. Tapi kerap luput dari perhatian, sehingga hasil karya kerajinan hanya sekedar pacangan semata,”beber Diu.
Sebab itulah tambah politisi Partai Hanura Kota Palangka Raya ini, hendaknya potensi produk kerajinan yang dilakoni warga, bisa dirangkul dan dibina kearah yang lebih baik.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!