DPRD Kota Palangka Raya

Dewan Dorong Budi Daya Bawang Merah

PALANGKA RAYA,GERAKKALTENG.COM -Palangka Raya- Kebutuhan komoditas bawang merah di Kota Palangka Raya cukup tinggi, Sayangnya produksi komoditas tersebut masih belum bisa mencukupi kebutuhan secara optimal.

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor, meminta pemerintah daerah untuk menggenjot pengembangan komoditas bawang merah tersebut agar kedepan pasokan bawang merah dapat dicukupi oleh produksi lokal.

“Karena memang selama ini, kita masih bergantung dengan daerah lain untuk komoditas ini. Padahal jika dikembangkan dengan serius, bawang memiliki potensi yang tinggi, karena kebutuhan masyarakat akan bawang merah cukup tinggi,” tutur Sugianor, Selasa (29/5/2018).

Terkait masalah modal petani dia berharap pemerintah kota melalui beberapa SOPD terkait dapat bersinergi. Mulai dari bantuan pembibitan dan pupuk sampai pengelolaan lahan dan tanaman komoditas tersebut. Begitu juga dengan penguatan SDM petani melalui pelatihan pengelolaan bawang merah. Begitu juga dengan potensi potensi wabah penyakit serta cara mengatasinya.

“Awal disuplai dulu, kalau nantinya sudah bagus dan dapat mandiri dan berjalan lancar pemerintah dapat melepasnya. Selain memudahkan petani, penguatan komoditas bawang merah juga dapat menyetabilkan nilai inflasi bawang merah yang sering naik turun,” sebut dia.

Jika memang serius dan hasilnya dapat dikihat, maka segerakan untuk mengusulkan dalam rapat berikutnya, supaya nantinya dapat diprioritaskan dalam hal anggaran daerah.VD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *