Gunung Mas

DPU dan Dewan Tinjau Langsung Kondisi TPAS

Peninjauan ke TPAS ini dilakukan oleh Sekretaris Dinas PU Kabupaten Gunung Mas, Helie Gaman, SE didampingi Kabid Persampahan, Pertamanan dan PJU, Karya ST bersama Wakil Ketua I DPRD Punding S Merang, Kamis, (24/05/2018).

KUALA KURUN, GERAKKALTENG.COM – Menyikapi kondisi Tempat Penampungan Akhir Sampah (TPAS) yang berada di KM 12 Kota Kuala Kurun – Tewah yang masih banyak kendala, Dinas PU (DPU) bersama DPRD Kabupaten Gunung Mas turun ke lapangan guna meninjau langsung keberadaan TPAS.

Peninjauan ke TPAS ini dilakukan oleh Sekretaris Dinas PU Kabupaten Gunung Mas, Helie Gaman, SE didampingi Kabid Persampahan, Pertamanan dan PJU, Karya ST bersama Wakil Ketua I DPRD Punding S Merang, Kamis, (24/05/2018).

Kabid Persampahan, Pertamanan dan PJU, Karya ST mengatakan masalah TPAS ini harus segera diatasi. Dewan ingin kondisi TPAS (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) teratur dan pembuangan sesuai pada tempatnya.

“Jangan sampai dibiarkan sampah menumpuk sembarangan dan pembuangannya di luar dari TPA yang sudah disediakan hingga sampah banyak menumpuk diluar TPA yang sudah disediakan. Selain itu masalah yang dihadapi saat ini adalah anggaran, sarana dan prasarana,” imbuhnya.

Menurutnya, masalah ini terjadi karena banyak petugas sampah yang masih kesulitan mencapai TPA, karena kendala cuaca hujan sehingga sampah pun langsung dibuang sembarangan dan sekenanya saja, sehingga sampah menumpuk di luar TPA yang sudah disediakan.

Selain itu juga petugas sampah kurang mempunyai kesadaran dalam menjalankan tugasnya untuk bekerja lebih efektif, dan membuang sampah dengan sembarangan sehingga mengakibatkan sampah menumpuk tidak pada tempatnya.

Tahun 2019 mendatang akan dilakukan penyewaan alat berat Boulduser dan Exsapator untuk pembenahan TPA yang ada, sehingga sampah yang ada di kiri kanan jalan bisa diangkut pada tempat pembuangan sampah yang ada, ujarnya.

Dikatakannya, sejak tahun 2016 lalu, sudah diusulkan pengadaan alat berat Boulduser dan Exsapator kepada Kementrian, tetapi sampai sekarang belum terealisasi.

Sementara,Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gunung Mas, Punding S Merang mengatakan dalam menyikapi masalah seperti ini harus cepat diatasi dan DPU harus bekerja maksimal lagi, sehingga apapun kendala-kendala yang ada cepat terealisasi dan sampah-sampah bisa terbuang di tempat yamg telah disediakan oleh DPU.

Harapan dan himbauan dalam mengatasi masalah seperti ini , mudahan apa yang sudah di usulkan bisa dapat terealisasi dan dapat bekerja sama bersinergi membangun dan menata kota khususnya Kabupaten Gunung Mas.

“Kepada masyarakat perhatikan kebersihan jangan buang sampah dengan sembarangan, tetapi buanglah pada tempat yang telah disediakan di TPS yang ada agar Kota bisa bersih dan tidak ada bau yang tidak enak menyebar kemana-kemana,” imbaunya.(Wan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *