Gunung Mas

Dukung Inisiatif dan Peran Keluarga Tingkatkan Minat Baca Anak

KUALA KURUN GERAKKALTENG, COM – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Gunung Mas menggelar kegiatan Gerakan Nasional orang tua membaca buku (Gernas Baku). Kegiatan ini digagas oleh Bunda Paud Kabupaten Gunung Mas Apristini S. Dohong, TP PKK dan didukung oleh Ketua HIMPAUDI Kabupaten Gunung Mas, Rameina Widyastuty, S.Pd, Dinas Pendidkan Kabupaten Gumas dalam hal ini Kabid Pembinaan Paud Dikmas Indra Yustina, S.Kom.

Gernas Baku ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas, Sabtu (05/05/2018).

Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas Apristini Arton S. Dohong mengatakan Gerakan Nasional Orangtua Membaca Buku (Gernas Buku) Kepada Anak merupakan gerakan yang mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak-anak melalui pembiasaan dirumah, di satuan Pendidikan Paud, dan di Masyarakat.

Dimana tujuan dari Gerakan Nasional Orang tua Membaca Buku (GERNAS BAKU) adalah untuk menumbuhkan minat baca pada anak, meningkatkan kemampuan komunikasi, menyampaikan ide anak, mempererat hubungan sosial emosi orang tua dan anak serta meningkatkan rasa ingin tau.

Dengan adanya Gernas Baku, lanjit Apristini, para orang tua lebih sering meluangkan waktunya untuk membaca buku bagi anak mereka dan memiliki peran di lembaga PAUD, sehingga kedepannya terbentuk perpustakaan di lembaga-lembaga PAUD yang dikelola oleh kelompok orang tua.

Sementara itu, Ketua HIMPAUDI Kab. Gunung Mas Remeina Widyastuty, S.Pd, menabahkan gerakan Nasional Orang tua membaca buku (Gernas Baku) merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan PAUD dan di masyarakat.

Kegiatan ini terlaksana atas dukungan kita semua dari dan swadaya masing-masing lembaga PAUD yang ada di kabupaten Gunung Mas khususnya Kuala Kurun.

Kepala Dinas Pendidkan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas melalui Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas, Indra Yustina, S.Kom mengucapkan terimakasih kepada Bunda PAUD Kabupaten Gunung Mas yang telah meluangkan waktu untuk memberikan arahannya pada kegiatan Gernas Baku, memang sangatlah penting peranan dari orang tua dalam menumbuh kembangkan minat baca pada anak dengan bercerita, mendongeng ataupun yang lainnya,” timpalnya.

Pada kesempatan itu juga Bunda PAUD Kabupten Gunung Mas Ibu Apristini S. Dohong membacakan buku cerita dan disambut dengan penuh gembira dan antusias oleh anak-anak PAUD yang hadir. (Hri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *