Gunung Mas

Pelaksanaan UNBK SD/MI di Kuala Kurun Terapkan Sistem Gugus

KUALA KURUN, GERAKKALTENG.COM – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) tahun pelajaran 2017/2018 di Kecamatan Kurun menggunakan sistem gugus. Di Gugus 4, lima sekolah menggabung menjadi satu dan memusatkan pelaksanaan UNBK di SDN Tumbang Miwan, 3-5 Mei 2018.

“Gugus 4 dipusatkan di SDN Tumbang Miwan dengan peserta yang berasal dari SDN Tumbang Miwan, SDN Tewang Pajangan, SDN Tumbang Tariak, SDN Tumbang Hakau, dan SDN Pilang Munduk,” terang Kepala SDN Tumbang Miwan, Sutinah, S.Pd saat dibincangi wartawan di sela kegiatan UNBK hari pertama, Kamis (3/5/2018).

Ia mengatakan, penerapan sistem gugus kali ini sangat disambut baik oleh pihak sekolah, karena pada pelaksanaan UNBK sebelumnya menerapkan sistem yang berbeda, yakni dipusatkan di Ibu Kota Kecamatan, tepatnya di Kota Kuala Kurun.

Pada pelaksanaan UNBK tahun lalu, cukup banyak biaya yang dikeluarkan karena murid-murid harus menginap di Kuala Kurun agar dapat mengikuti UNBK dengan baik. Selain itu, pengawasan terhadap murid-murid juga harus dilakukan dengan sungguh-sungguh oleh pihak sekolah.

Oleh sebab itu, dengan diterapkannya sistem gugus pada pelaksanaan UNBK ini tentu disambut baik oleh pihak sekolah. “Kalau sistem gugus, di Tumbang Miwan ini paling jauh peserta ujian dari Pilang Munduk, namun tetap mudah bagi orangtua untuk mengantar jemput anak-anak mereka,” ucapnya menambahkan.

Senada, Kepala SDN Tumbang Hakau, Weldin turut menyambut baik penerapan sistem gugus. Menurutnya, dengan penerapan sistem gugus, maka biaya yang dikeluarkan tidak semahal sistem terpusat. Disamping itu, dalam hal tanggungjawab juga lebih ringan. Ia pun berharap kedepan UNBK tetap menggunakan sistem gugus.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), HM Rusdi menyampaikan bahwa ada 173 SD/MI se Kabupaten Gumas melaksanakan UNBK pada tahun ini.

“Khusus di Kecamatan Kurun dilaksanakan per gugus, sedangkan di kecamatan lain dipusatkan di ibukota kecamatan,” tandasnya. (Hri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *