Uncategorized

Pembangunan Perkim Dapat Mengetaskan Kemiskinan

KASONGAN,GERAKKALTENG.COM- Pembangunan perumahan dan permukiman (Perkim) bukan hanya berfungsi untuk menata wilayah, namun juga dapat memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat hingga mengetas kemiskinan.

Pjs Bupati Katingan Suhaemi mengatakan, program pemerintah pusat berupa Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan salah satu solusi. Pasalnya, pembangunan perumahan dapat mendorong pertumbuhan wilayah dan perkembangan ekonomi daerah.

“Selain itu dapat mendukung pembangunnan sosial budaya dan memberikan multiplier efek terhadap sektor lain, seperti menciptakan lapangaan kerja baik langsung maupun tidak langsung. Pembangunan perkim harus didukung oleh kebijakan, strategi, dan program yang komperhensif dan terpadu,” ungkapnya, belum lama ini.

Pjs Bupati Suhaemi menuturkan, program tersebut diharapkan mampu memenuhi hak-hak dasar masyarakat. Sehingga dapat menghasilkan suatu lingkungan perkim yang sehat, serasi, harmonis, aman, dan nyaman.

“Progam BSPS sejatinga ditujukan untuk meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah yang awalnya tidak layak huni menjadi layak. Program pro rakyat itu diharap terus berlanjut dan ditingkatkan dari tahun ke tahun,” pintanya

Kepala Dinas Perkimtan Katingan Krisolit Elbaar menyebutkan, pihaknya telah mendata masyarakat yang akan menjadi sasaran bantuan. Di Kecamatan Katingan Hilir sendiri mendapat bantuan sebanyak 40 unit di Kelurahan Kasongan Lama, 40 unit di Kelurahan Kasongan Baru, 40 unit di Desa Banut Kalanaman, 25 unit di Desa Telangkah, 40 unit di Desa Tumbang Liting, 25 unit di Desa Talian Kereng, dan 25 unit di Desa Tewang Kadamba.

“Sedangkan di Kecamatan Katingan Tengah terdiri dari 40 unit di Desa Samba Bakumpai, 40 unit di Desa Samba Katung, 40 unit di Desa Tumbang Lahang, dan 25 unit di Desa Telok. Sehingga kesemuanya berjumlah sekitar 369 unit tahun ini,” sebutnya. (BS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *