Barito TimurDPRD Barito Timur

Pengetahuan,Kesadaran Pria Ikut KB Masih Rendah

Teddy Taroreh kepala bidang keluarga berencana Kabupaten Barito Timur 

Tamiang Layang,GERAKKALTENG.COM-Pengetahuan pria tentang kesehatan reproduksi dan KB menjadi fokus penting agar mereka mengetahui dan memahami perannya di dalam keluarga. namun  pengetahuan pria tentang kondom sudah cukup baik.
Sementara pria yang mempunyai pandangan bahwa KB adalah urusan wanita cukup tinggi. serta Pria mempunyai pandangan bahwa wanita saja yang harus disterilisasi serta berpendapat sterilisasi pria sama dengan kebiri.
Teddy Taroreh kepala bidang keluarga berencana Kabupaten Barito Timur mengatakan, kesetaraan dan keadilan gender dalam KB dan kesehatan reproduksi harus meningkat. “Kita harus membangkitkan kesadaran masyarakat bahwa kesehatan reproduksi bukan hanya tanggung jawab isteri tetapi merupakan tanggung jawab bersama suami dan isteri,” ujarnya. selasa (10/4/2018) siang.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi pria dalam KB disebabkan beberapa faktor yakni akses informasi dan pelayan yang terbatas. Selanjutnya masih adanya hambatan sosial maupun kultural sehingga masih diperlukan dukungan dari tokoh agama dan masyarakat dalam rangka meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap KB Pria vasektomi.(Vri)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!